Jakarta (ANTARA) - Pasar kendaraan penumpang China mencatatkan pertumbuhan kuat pada Juli 2022 dengan kenaikan penjualan dan produksi, berdasarkan data industri pada Selasa (9/8).

Sekitar 1,82 juta unit mobil penumpang terjual melalui jalur retail pada Juli, naik 20,4 persen secara tahunan (year on year/yoy), membukukan pertumbuhan yang relatif tinggi dibandingkan dengan yang tercatat dalam satu dekade terakhir, ungkap data dari Asosiasi Mobil Penumpang China.

Produksi kendaraan penumpang China mencapai 2,16 juta unit pada Juli, melonjak 41,6 persen (yoy).

Rantai pasokan dan logistik yang membaik, aktivitas bisnis yang meningkat, banyaknya kebijakan prokonsumsi yang diterapkan China, serta faktor-faktor lainnya, berkontribusi terhadap ekspansi pasar otomotif, urai pihak asosiasi.

Pada akhir Mei, China mengumumkan akan memangkas separuh pajak pembelian mobil untuk kendaraan penumpang dengan harga tidak lebih dari 300.000 yuan (1 yuan = Rp2.207) dan kapasitas mesin 2 liter atau kurang. Potongan pajak ini akan berlaku dari 1 Juni hingga akhir tahun 2022 ini.

Perusahaan-perusahaan otomotif utama juga meningkatkan aktivitas promosi mereka pada Juli untuk menebus kemunduran yang dialami sebelumnya pada tahun ini akibat lonjakan kasus COVID-19, agar dapat memenuhi target tahunan mereka, menurut asosiasi tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022