Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Selasa (9/8) yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari kasus demam berdarah di Madiun sepanjang Januari hingga awal Agustus, hingga cakupan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia.

Berikut sejumlah rangkuman berita humaniora pada Selasa:

1. Dinkes Kabupaten Madiun catat 212 kasus DB Januari-awal Agustus 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mencatat sebanyak 212 kasus demam berdarah (DB) selama Januari hingga awal Agustus 2022 di wilayah setempat.

"Kasus DB cukup tinggi. Setidaknya ada 200 lebih kasus sejak Januari 2022 sampai awal Agustus ini," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kabupaten Madiun, Anies Djaka di Madiun, Selasa.

Baca juga: Dinkes Kabupaten Madiun catat 212 kasus DB Januari-awal Agustus 2022

2. Satgas: Sembilan daerah di Sumut zona hijau COVID-19

Dari total 33 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara, sembilan daerah di antaranya masuk kategori zona hijau atau wilayah yang tidak memiliki kasus COVID-19, berdasarkan data yang tertuang dalam laman resmi covid19.go.id yang dikutip di Medan, Senin malam.

Berdasarkan data tersebut, kesembilan daerah yang berstatus zona hijau COVID-19 adalah Nias Barat, Gunung Sitoli, Tapanuli Selatan, Labuhan Batu Utara, Padangsidempuan, Nias, Dairi, Padang Lawas Utara dan Nias Selatan.

Sementara itu, 24 kabupaten dan kota lainnya di Sumut masih berstatus zona kuning atau risiko rendah terhadap penularan COVID-19.

Baca juga: Satgas: Sembilan daerah di Sumut zona hijau COVID-19

3. Rakornas BPOM susun strategi tangkal hoaks produk obat dan makanan

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyusun strategi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dalam penyediaan kanal informasi seputar produk obat dan makanan di tengah era disrupsi digital.

"Era disrupsi digital mengubah perilaku masyarakat dalam mencari informasi dan memperoleh produk obat dan makanan yang kini banyak mengandalkan media elektronik, khususnya internet, termasuk media sosial," kata Kepala BPOM RI Penny K Lukito saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KIE BPOM 2022 di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Rakornas BPOM susun strategi tangkal hoaks produk obat dan makanan

4. Satgas: Per Selasa vaksinasi COVID-19 dosis ketiga capai 27,6 persen

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan per Selasa, laju suntikan dosis ketiga atau vaksin penguat sudah diberikan kepada 27,63 persen dari total warga yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 yakni sebanyak 208.265.720 (208,27 juta) orang.

Siaran pers Satgas COVID-19 yang diterima di Jakarta, Selasa, menunjukkan jumlah penduduk yang telah mendapat suntikan tiga dosis vaksin COVID-19 tersebut bertambah 27.786 orang menjadi 57.553.217 (57,55 juta) orang.

Baca juga: Satgas: Per Selasa vaksinasi COVID-19 dosis ketiga capai 27,6 persen

5. Satgas: Per Selasa 11,6 juta sapi telah divaksin PMK

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) melaporkan bahwa sebanyak 11.690.684 ekor sapi telah diberikan vaksinasi PMK hingga Selasa (9/8) 2022.

Berdasarkan data Satgas PMK yang dikutip di Jakarta, Selasa, disebutkan bahwa penyakit mulut dan kuku telah menyerang hewan ternak di 284 kabupaten/kota dari 24 provinsi di Indonesia dengan mayoritas menyerang sapi.

Baca juga: Satgas: Per Selasa 11,6 juta sapi telah divaksin PMK

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022