Data inflasi minggu ini pasti akan memberi kita lebih banyak kejelasan tentang prospek kebijakan jangka pendek The Fed
Tokyo/London (ANTARA) - Saham-saham berguncang pada perdagangan Rabu, sementara mata uang utama tetap stabil karena investor enggan bertaruh menjelang rilis data inflasi AS yang dapat menunjukkan selera Federal Reserve untuk kenaikan suku bunga yang lebih agresif.

Laporan Indeks Harga Konsumen (IHK) AS akan dirilis pada pukul 12.30 GMT, dengan pasar mengamati tanda-tanda bahwa inflasi mereda pada Juli meskipun angka pekerjaan AS menguat secara tak terduga minggu lalu.

Pasar memperkirakan peluang 69,5 persen untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin pada pertemuan Fed berikutnya. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan IHK akan menunjukkan inflasi utama tahun-ke-tahun sebesar 8,7 persen, jauh di atas target Fed 2,0 persen tetapi turun dari bulan lalu yang sangat panas 9,1 persen.

Indeks acuan STOXX Eropa turun 0,43 persen, menyusul penurunan lebih tajam sebesar 1,2 persen dalam indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, sementara Nikkei Jepang ditutup turun 0,65 persen.

"Saya tidak berpikir bahwa kita belum melewati pasar bearsih - risiko resesi membayangi dan saya tidak berpikir The Fed selesai dengan pengetatan ikat pinggang yang agresif," kata David Chao, ahli strategi pasar global untuk Asia Pasifik di Invesco.

"Saya tidak berpikir pasar telah sepenuhnya mengabaikan variabel-variabel ini. Data inflasi minggu ini pasti akan memberi kita lebih banyak kejelasan tentang prospek kebijakan jangka pendek The Fed."

Pasar AS tampaknya akan dibuka datar secara luas, karena indeks S&P 500 berjangka melemah 0,06 persen.

Dolar stabil, setelah berhenti dari kemunduran yang dimulai pada pertengahan Juli. Indeks dolar, yang mengukur safe-haven greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, berada di 106,3.

"Data IHK yang kuat minggu ini bisa berarti Fed kembali ke jalur kenaikan suku bunga agresif, yang akan memperkuat kembali dolar AS," kata Chao, dikutip dari Reuters.

Imbal hasil obligasi zona euro tetap stabil, dengan imbal hasil 10-tahun Jerman, patokan untuk blok tersebut, turun hanya satu basis poin pada 0,91 persen.

Analis mencatat data AS yang akan dirilis Rabu mewakili indikator tertinggal yang mungkin belum menunjukkan pelunakan inflasi, dan kurva imbal hasil dapat mendatar atau berbalik lebih jauh.

Kurva imbal hasil yang mendatar biasanya dilihat sebagai tanda perlambatan ekonomi dan inversi sebagai prediktor resesi. Seperti yang diukur dengan kesenjangan antara imbal hasil obligasi dua dan 10-tahun, kurva AS sangat terbalik di bawah minus 40 basis poin.

Harga minyak turun setelah data industri menunjukkan persediaan minyak mentah AS secara tak terduga naik pekan lalu, menandakan kemungkinan tersendatnya permintaan. Minyak mentah berjangka Brent turun 61 sen menjadi diperdagangkan di 95,73 dolar AS per barel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 70 sen menjadi diperdagangkan di 89,82 dolar AS per barel.

Emas juga memangkas kenaikannya dan merosot 0,26 persen menjadi diperdagangkan pada 1.789,5 dolar AS per ounce. Emas secara singkat menembus penghalang 1.800 dolar AS semalam untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan.

Di pasar mata uang kripto, bitcoin yang sering melacak saham teknologi, turun 0,76 persen menjadi 22.974 dolar AS.

Baca juga: Pasar saham Eropa dibuka turun menjelang data inflasi AS
Baca juga: Pasar saham Asia berjatuhan, investor bersiap pantau data inflasi AS
Baca juga: Saham Asia ikuti penurunan Wall Street jelang data inflasi AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022