Spesies semut yang telah kami namai ini perlu bersarang di pohon bulloak dewasa
Canberra (ANTARA) - Lembaga ilmu pengetahuan nasional Australia telah menamai dan memberikan deskripsi untuk lebih dari 100 spesies baru selama setahun terakhir dalam apa yang disebut sebagai "kemenangan untuk keanekaragaman hayati".

Para peneliti dari Organisasi Penelitian Ilmiah dan Industri Persemakmuran (Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization/CSIRO) di Canberra mengidentifikasi 139 spesies baru dan menjabarkannya dalam jurnal-jurnal ilmiah selama 12 bulan terakhir.

Spesies-spesies tersebut terdiri atas 131 serangga dan invertebrata, empat ikan, tiga tanaman, dan satu spesies katak, termasuk satu spesies semut yang melindungi salah satu spesies kupu-kupu paling langka di Australia.
 
Menurut CSIRO, sekitar 25 persen dari total spesies di Australia telah dikenal dalam dunia ilmu pengetahuan.   Spesies ikan baru Silverspot Weedfish dideskripsikan berdasarkan dua spesimen yang diketahui. Keduanya ditemukan oleh kapal penelitian CSIRO pada 2000 dan 2005.


David Yeates, ahli entomologi CSIRO, mengatakan bahwa memberikan deskripsi resmi untuk setiap spesies adalah kunci untuk melindungi keanekaragaman hayati Australia.

Spesies semut yang baru diberi nama, Anonychomyrma inclinata, ditemukan berperan penting dalam kelangsungan hidup spesies kupu-kupu Bulloak Jewel, Hypochrysops piceatus, yang terancam punah.

"Persyaratan ekologis untuk kupu-kupu cantik ini sangat sempit, yang mungkin menjadi alasan mengapa mereka sangat langka," kata Yeates dalam sebuah rilis media.

"Spesies semut yang telah kami namai ini perlu bersarang di pohon bulloak dewasa. Ulat kupu-kupu hidup di bawah kulit pohon dan dibawa ke daun bulloak yang lembut untuk makan pada malam hari oleh semut-semut 'pengasuh'. Semut-semut ini melindungi ulat-ulat itu dari pemangsa dan menerima 'hadiah manis' dari ulat-ulat itu, sebuah situasi yang saling menguntungkan bagi kedua spesies."
 
Spesies ikan baru Silverspot Weedfish dideskripsikan berdasarkan dua spesimen yang diketahui. Keduanya ditemukan oleh kapal penelitian CSIRO pada 2000 dan 2005


"Silverspot Weedfish ditemukan di kedalaman 55 hingga 100 meter di bawah permukaan laut, yang terbilang menarik karena mereka hidup di area yang lebih dalam dibanding anggota genus lainnya yang diketahui," kata ilmuwan CSIRO John Pogonoski.

Menurut CSIRO, spesies-spesies yang baru diberi nama ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi, dengan sebagian besar makalah ilmiah melibatkan penulis dari berbagai koleksi ilmiah dan universitas di seluruh Australia dan luar negeri.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022