"Ini menjadi bukti bahwa Partai Golkar dan KIB memiliki komitmen kuat dan melibatkan seluruh elemen bangsa termasuk kesenian dalam proses membangun bangsa," ucap dia.
Surabaya (ANTARA) - Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur M Sarmuji mengaku bangga salah satu kesenian asal wilayahnya Reog Ponorogo, ikut mengantarkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum RI untuk peserta Pemilihan Umum 2024.

"Saya bangga reog dilibatkan dalam pendaftaran partai politik. Ini bentuk apresiasi sekaligus pengakuan eksistensi reog secara nasional sekaligus komitmen menjaga serta mengembangkan kesenian tradisional, khususnya Jatim,” ujarnya dalam keterangan pers di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, penampilan Reog Ponorogo cukup menarik perhatian masyarakat sepanjang iring-iringan rombongan menuju KPU RI.

"Ini menjadi bukti bahwa Partai Golkar dan KIB memiliki komitmen kuat dan melibatkan seluruh elemen bangsa termasuk kesenian dalam proses membangun bangsa," ucap dia.

Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan melakukan pendaftaran di KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Selain Reog Ponorogo, anggota KIB ada yang memakai pakaian adat Dayak dan Papua, lalu tarian Yosim Pancar (Yospan) dari Papua, pencak silat Betawi hingga Marawis.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI tersebut berharap partai politik akan semakin terlibat dalam pelestarian budaya daerah.

"Semoga ke depan partai politik semakin terlibat dalam pelestarian kebudayaan yang mengakar di masyarakat melalui regulasi-regulasi lebih kuat sebagai wujud kepribadian bangsa Indonesia," katanya.

Hari ini, tiga partai politik KIB yakni Partai Golkar, PAN, dan PPP mendaftar bareng ke KPU sebagai peserta Pemilu 2024.

Ketua umum partai yakni Partai Golkar Airlangga Hartarto, PAN Zulkifli Hasan dan PPP Suharso Monoarfa bersama simpatisan masing-masing partainya tiba di Kantor KPU, Jakarta, pada Rabu pagi sekitar pukul 10.10 WIB.

Sebelum tiba di kantor KPU Airlangga, Zulkifli dan Suharso berjalan kaki dari Graha Mandiri Jalan Imam Bonjol menuju Kantor KPU Jalan Imam Bonjol dengan jarak sekitar 500 meter.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022