Sungailiat, Bangka (ANTARA) -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membuka kegiatan Pesona Belitung Beach Festival 2022 di kawasan pantai Tanjung Pendam, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (10/8) sore.

"Kegiatan Pesona Belitung Beach Festival 2022 secara resmi saya buka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi menjaga momentum kebangkitan pariwisata kita," katanya di Tanjung Pandan, Rabu.

Dirinya mengapresiasi kegiatan Pesona Belitung Beach Festival 2022 mampu menembus Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 dengan tujuan mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap, ekonomi, sosial, dan budaya.

"Pesona Belitung Beach Festival 2022 adalah acara unggulan. Kami sangat berterima kasih atas sambutan masyarakat yang luar biasa," ujarnya.

Baca juga: Jelajah pesona Belitung dalam sehari

Menparekraf menilai pelaksanaan kegiatan Pesona Belitung Beach Festival 2022 dapat mendukung kebangkitan pariwisata Belitung yang telah ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, dan 10 destinasi pariwisata prioritas di tanah air.

"Dalam waktu dekat Belitung akan menjadi "spotlite" dunia dengan berlangsungnya pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 pada 7-9 September mendatang," katanya.

Sandiaga menambahkan, pariwisata Indonesia berhasil naik 12 peringkat berada di peringkat 32 dari total 117 negara seluruh dunia.

"Pariwisata Indonesia mengalahkan Thailand, Vietnam dan Malaysia untuk pertama kalinya menunjukkan pariwisata Indonesia semakin berkualitas, berkelanjutan dan inklusif," ujarnya.

Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Rabu mengaku sangat bersyukur Pesona Belitung Beach Festival 2022 bisa kembali digelar.

Baca juga: Belitung gelar jelajah pesona jalur rempah

Sebelumnya kegiatan tersebut sempat tertunda selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19.

Pesona Belitung Beach Festival 2022 diisi dengan sejumlah acara seperti Parade Pelangi Budaya serta pameran produk UMKM dan ekonomi kreatif lokal.

"Kami sangat merasa terhormat sekali kegiatan Pesona Belitung Beach Festival 2022 bisa dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022