Sebagian Anda yang masih bisa berprestasi maka silakan kejar prestasi tersebut
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 193 atlet Indonesia secara resmi diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) formasi olahragawan berprestasi di Lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Seluruh atlet telah melakukan pengambilan sumpah yang dipimpin Menpora Zainudin Amali di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu.

Dari jumlah atlet yang diangkat menjadi PNS, 57 di antaranya adalah atlet disabilitas. Selebihnya, adalah atlet non-disabilitas.

Baca juga: Ni Nengah Widiasih tiba di Bali usai raih perak Paralimpiade Tokyo

Mereka adalah atlet yang telah mengharumkan Merah Putih di level Asia Tenggara seperti ASEAN Games dan ASEAN Para Games, Asia yakni Asian Games dan Asian Para Games, hingga level dunia yakni Olimpiade dan Paralimpiade.

Amali dalam sambutannya mengatakan pengangkatan atlet menjadi PNS ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dan Presiden Joko Widodo.

Adanya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipayungi oleh Perpres Nomor 86 Tahun 2021, dan juga Undang Undang No. 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan, kata Amali, menempatkan para atlet disabiltas dan non-disabilitas setara alias tidak ada perbedaan.

"Para atlet disabilitas dan non-disabilitas mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi PNS di Lingkungan Kemenpora. Ini adalah komitmen pemerintah dan presiden. Semoga terus terjaga komitmen ini dan kami kawal untuk merealisasikannya," ujar Amali.

Baca juga: Eko Yuli Irawan lanjutkan dominasi di SEA Games

Amali juga berharap kepada atlet yang menjadi PNS dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan janji yang telah diucapkan.

"Sebagian Anda yang masih bisa berprestasi maka silakan kejar prestasi tersebut. Kami memberi kesempatan dan yang penting lapor unit masing-masing," ujar Amali menambahkan.

Dari jumlah atlet yang hadir dalam pengambilan sumpah PNS, beberapa di antaranya adalah Eko Yuli Irawan (angkat besi), Elga Karisma (balap sepeda), dan Hanifan Yudani Kusumah (pencak silat).

Sementara untuk atlet disabilitas turut hadir Ni Nengah Widiasih (para-powerlifting), Jaenal Aripin (para-atletik), Suryo Nugroho (para-bulu tangkis), Hafizh Briliansyah (para-bulu tangkis), Khalimatus Sadiyah (para-bulu tangkis), dan deretan nama lainnya.

Baca juga: ASEAN Para Games membuat Menpora harus minta maaf kepada Menkeu

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022