Jakarta (ANTARA) - Memiliki hobi berbelanja, Indy Barends dan pasangan selebriti Darius Sinathrya dan Donna Agnesia punya cara sendiri agar pengeluaran mereka tidak over budget atau melebihi anggaran.

Bagi Indy Barends, salah satu cara agar dia tak kalap saat berbelanja adalah dengan menentukan skala prioritas sebelum membeli sesuatu.

"Karena saya suka kalap, jadi untuk mengontrolnya saya harus tahu mana yang lebih penting. Jadi pertama saya tentukan skala prioritasnya," ujar Indy saat bertemu media di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Cerita Gisella-Gading Marten soal hobi belanja online

Menurut Indy, yang harus benar-benar dipahami adalah perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Pasalnya menurut dia, perbedaan dari dua hal tersebut sangat tipis sehingga kadang bisa menipu.

Selain itu, Indy juga mengatakan dia selalu berusaha untuk memilih berbelanja di toko yang menjual barang incarannya dengan harga lebih murah.

"Jadi di-list mana yang perlu, mana yang penting, Kalaupun saya belanja di sana (toko yang lebih murah) semua akan hemat sih. Bukannya sombong, tapi memang misalnya niatnya dua tapi jadinya 12 ya masih terjangkau aja," imbuh Indy.

Begitu juga dengan Donna Agnesia dan Darius Sinathrya. Keduanya setuju bahwa menentukan skala prioritas akan membuat pengeluaran mereka menjadi lebih hemat. Mereka juga kerap mencari toko yang lebih murah dibandingkan toko lainnya.

"Buat aku yang penting kita bisa dapat barang sebanyak mungkin dengan bayar seminim mungkin," ujar Donna sambil tertawa.

Setuju dengan pendapat sang istri, Darius menambahkan berbelanja di toko yang menjual barang dengan harga lebih murah sangat penting karena dia senang menyusuri setiap sudut toko yang akhirnya membuat dia tergoda membeli barang lain yang tidak direncanakan sebelumnya.

"Kalau belanja harus dijelajahi setiap sudutnya. Jangan terlewatkan, dari situ muncul inspirasi baru bahwa ternyata banyak produk bagus, menarik, dan kita butuh," kata Darius.

Baca juga: Syuting film "Bebas", Indy Barends diprotes anak

Baca juga: Hobi belanja daring, Ariel NOAH beli alat-alat untuk rakit perabotan

Baca juga: Vincent Rompies dapatkan pernak-pernik hobi lewat belanja online

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022