Contohnya nasi kebuli  harganya berkisar Rp40 ribu sampai Rp50 ribu
Jakarta (ANTARA) - Camat Pademangan Didit Mulyadi mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat mengikuti Festival Warisan Kuliner Nusantara dengan membuka stan di halaman lantai dasar gedung perbelanjaan Mangga Dua Square yang digelar sampai dengan 28 Agustus mendatang.

"Kami mendorong beberapa UMKM dari Kecamatan Pademangan agar ikut berpartisipasi dalam Festival Kuliner ini. Ada stan disediakan manajemen Mangga Dua Square yang bisa dipakai," kata Didit di Pademangan, Jakarta Utara, Rabu.

Menurut Didit, status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta yang masih level satu saat ini merupakan kesempatan bagi UMKM untuk mendongkrak kembali perekonomian.

Terutama para pelaku UMKM yang masih belum bangkit setelah terdampak pandemi COVID-19.

Apalagi kapasitas tempat luar ruangan (outdoor) itu bisa menampung hingga 1.000 orang, sehingga diharapkan dapat lebih menjaga penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Senada hal itu, Manajer Senior Sumber Daya Manusia dan Urusan Umum Mangga Dua Square FX Stanley menjelaskan Festival Warisan Kuliner Nusantara memang digelar untuk menggerakkan kembali roda perekonomian masyarakat.

Itu salah satu sebab Mangga Dua Square tidak menetapkan tarif sewa kepada pelaku UMKM yang ingin menggunakan stan di Festival Warisan Kuliner Nusantara.

"Ada 30 stan, kami tidak menetapkan tarif karena konsepnya adalah ingin meningkatkan perekonomian di Jakarta yang untuk pemulihan secepatnya dan meningkatkan UMKM supaya segera bangkit lah," kata Stanley kepada wartawan di Jakarta Utara, Rabu.

Selain itu, yang menjual adalah pelaku UMKM sehingga harga makanan dan minuman di Festival Warisan Kuliner Nusantara juga terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah.

Contohnya nasi kebuli  harganya berkisar Rp40 ribu sampai Rp50 ribu.

"Target pasarnya menengah ke bawah, khusus masyarakat semua bisa ke sini, harganya sangat-sangat terjangkau dan enak," kata Stanley.

Sementara itu, makanan favorit Camat Pademangan Didit Mulyadi yakni rahang tuna bakar juga tersedia di Festival Warisan Kuliner Nusantara.

Didit menilai citarasa seporsi makanan yang dihidangkan di mejanya itu tidak kalah dengan menu yang sama di Pantai Indah Kapuk (PIK).

Selain itu, festival kuliner yang berlangsung dari 30 Juli itu juga menyediakan makanan ringan masa kini seperti croffle yang merupakan perpaduan bahan  roti croissant dengan waffle.

Suasana lokasi juga rindang, dan setiap hari ada pertunjukan musik langsung yang digelar dari jam 14.00 - 20.00 WIB.
Baca juga: Sambut ulang tahun Jakarta dengan suguhan kuliner langka Betawi
Baca juga: Pasar Slipi lakukan revitalisasi untuk bangun sentra kuliner
Baca juga: Dinas Pariwisata DKI bagikan pilihan lokasi wisata saat libur Lebaran

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022