Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto bus-bus TransJakarta yang tidak lagi terpakai dan berada di area terbuka menjadi pembahasan salah satu warganet di Twitter pada awal Agustus 2022.

Bus TransJakarta warna merah dengan atap warna kuning itu tampak berjajar di lapangan yang ditumbuhi semak-semak lebat.

Dua foto itu dinarasikan sebagai peninggalan Basuki Tjahaja Purnama, sebelumnya disapa Ahok, saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“Bus ini jelas karya ahok, indah bukan?”

Namun, benarkah foto tersebut merupakan bus TransJakarta peninggalan Ahok?
 
Unggahan hoaks yang menyebut bus TransJakarta yang terbengkalai adalah peninggalan Ahok. (Twitter)


Penjelasan:
Transportasi massal TransJakarta pertama kali dicetuskan Sutiyoso saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dalam catatan ANTARA pada 2006, Sutiyoso menargetkan jumlah penumpang koridor II dan koridor III mencapai 50 ribu hingga 70 ribu penumpang per hari.

Kebijakan itu lantas diteruskan gubernur-gubernur berikutnya DKI Jakarta, yaitu Fauzi Bowo, Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama, hingga Anies Baswedan.

PT TransJakarta, seperti dilaporkan ANTARA pada 2019, juga telah menegaskan bus-bus yang terbengkalai di lapangan terbuka bukan milik Pemprov DKI Jakarta.

Kepala Hubungan Masyarakat PT TransJakarta saat itu, Wibowo, menyatakan pengadaan bus-bus itu telah dibatalkan dan bus-bus yang mangkrak tidak terkait PT TransJakarta.

Wibowo menambahkan bus-bus yang terbengkalai di Ciputat Tangerang Selatan, dan Dramaga Kabupaten Bogor itu milik kontraktor pemenang lelang Pemprov DKI Jakarta pada 2013.

Klaim: Foto bus transjakarta terbengkalai peninggalan Ahok
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks, lowongan kerja di Transjakarta

Baca juga: Pengguna transportasi KRL-MRT dan TransJakarta kian meningkat

Baca juga: Kenaikan tarif ojek dongkrak penumpang angkutan umum di Jakarta

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022