Jakarta (ANTARA) - Tommy Paul merusak debut Carlos Alcaraz di Kanada setelah menggulingkan unggulan kedua asal Spanyol itu dengan 6-7 (4/7), 7-6 (9/7), 6-3 dalam Montreal Masters, Rabu waktu setempat.

Petenis Amerika Serikat non unggulan itu mengonversi match point kelimanya untuk memastikan kemenangan babak kedua dalam waktu tiga jam 20 menit.

Alcaraz mengikuti turnamen ini dengan bekal dua gelar Masters 1000 dari Miami dan Madrid dan memegang catatan menang-kalah 42-7 selama musim ini.

Baca juga: Alcaraz rasakan perkembangan pesat dalam kariernya

Tetapi Paul yang berperingkat 34 dunia mengklaim kemenangan melalui pukulan voli setelah menahan pukulan petenis Spanyol itu saat ketinggalan 5-2 pada set ketiga.

"Menyenangkan bisa menyelesaikan pertandingan ini di depan net," kata Paul yang melepaskan 36 pukulan winner, berbanding 33 winner yang dibuat Alcaraz. "Saya melakukan banyak hal dengan baik hari ini".

"Saya senang bisa lolos dan sekarang harus pulih demi besok," sambung dia seperti dikutip AFP, Kamis.

Unggulan keempat Casper Ruud bangkit kekalahan melawan Alex Molcan awal musim ini, dengan balik mengalahkan petenis Slovakia itu 7-6 (7/3), 6-3 hanya dalam waktu kurang dari dua jam.

Baca juga: Alcaraz naik peringkat ke posisi keempat ranking ATP

Petenis Norwegia yang memegang tiga trofi sejauh ini tersebut harus bekerja keras memenangkan set pembuka setelah kehilangan servis saat berusaha menutupnya saat unggul 5-4.

Akhirnya Ruud membutuhkan tiebreak untuk memenangkan laga ini. Dia memastikan tempat babak ketiganya dengan dua set langsung yang merupakan kemenangannya yang ke-36 musim ini.

“Kami pernah berhadapan di Muenchen sehingga kami sudah saling mengenal permainan satu sama lain dengan baik,” kata Ruud.

"Dia sangat cepat dan bisa membuat semua orang bermasalah," tambahnya tentang Alex Molcan.

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022