Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa menarik yang berkaitan dengan isu perkotaan dan kebijakan Pemprov DKI Jakarta terjadi sepanjang Rabu (10/8) mulai dari  Dinas Pendidikan DKI Jakarta memberikan sanksi tegas terhadap oknum guru sekolah negeri yang menerapkan kebijakan intoleran hingga antusias masyarakat mengikuti bursa kerja.

Berikut rangkuman berita kemarin untuk menemani aktivitas pembaca Antara pada Kamis pagi ini.

1. Disdik DKI terapkan sanksi tegas kepada oknum intoleran

Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menerapkan sanksi tegas kepada oknum yang bertindak intoleran, diskriminatif dan pemaksaan kepada pelajar di sekolah.

"Di SMA 58 ketika larangan memilih Ketua OSIS non Muslim, gurunya kami beri hukuman disiplin dan tidak cukup hukuman disiplin, harus dimutasi," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana saat menghadiri klarifikasi Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta soal kasus intoleransi di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu.

Selain sanksi berupa mutasi, pihaknya juga menjamin keberagaman di satuan pendidikan

baca di sini

2. DKI berikan pendampingan hukum korban penganiayaan oknum petugas PPSU

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan pendampingan hukum dan kesehatan kepada korban penganiayaan yang dilakukan oknum petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Korban sudah kami lindungi dan diberikan pendampingan kesehatan, psikologi dan hukum," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Rabu.

Menurut Anies, tindakan Zulfikar, oknum petugas PPSU itu merupakan aksi brutal dan barbar. Pihaknya​​​​​ tidak menoleransi aksi kekerasan tersebut terjadi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

baca di sini

3. Kenaikan tarif ojek dongkrak penumpang angkutan umum di Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengemukakan kenaikan tarif ojek daring dapat mendongkrak jumlah penumpang yang mengalihkan pilihannya menggunakan angkutan umum khususnya di wilayah Ibu Kota.

"Iya Insya Allah, memang sampai hari ini kan transportasi publik yang ada seperti juga TransJakarta, masih dengan harga yang sangat murah dan sangat terjangkau," kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Riza menuturkan tarif angkutan umum di Jakarta TransJakarta masih lebih murah dibandingkan angkutan publik di sejumlah negara yang terbilang mahal.

baca di sini

4. Dinas Nakertrans-E ibarat comblang di ajang bursa kerja Jakarta Utara

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyebut Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans-E) Provinsi DKI Jakarta ibarat comblang (penghubung) dalam bursa kerja yang melibatkan 40 perusahaan dengan menyediakan 1.337 lowongan kerja di WTC Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu.

Ali menjelaskan kinerja sebagai comblang dianggap sukses kalau berhasil mempertemukan dan mencocokkan, dalam hal ini pencari kerja dengan pemberi kerja (perusahaan) yang membutuhkan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

“Job fair ini merupakan kopi darat, mempertemukan pencari kerja dan pemberi kerja. Saya kira ini kegiatan yang ditunggu-tunggu warga Jakarta Utara,” kata Ali dalam sambutannya sebelum membuka pameran bursa kerja (job fair) tahun 2022 di Jakarta Utara, Rabu.

baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022