Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 melalui peresmian cabang baru RS Citra Arafiq di Sawangan, Depok.

“Ke depannya, fasilitas kesehatan seperti RS Citra Arafiq Sawangan ini diharapkan dapat turut membantu akselerasi pemberian vaksin booster bagi masyarakat,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menko Airlangga menuturkan sebagai bagian penting dari keseluruhan upaya pengendalian pandemi COVID-19, keberadaan fasilitas kesehatan terus mendapatkan dukungan dari pemerintah. Disamping itu, fasilitas kesehatan juga didorong untuk mampu meningkatkan ketahanan kesehatan masyarakat di tengah pandemi COVID-19, diantaranya dengan memfasilitasi pemberian vaksin.

Hingga 9 Agustus 2022 jumlah kasus aktif di Jawa Barat tercatat sebanyak 16.109 kasus, sementara itu di Kota Depok sendiri berjumlah 6.671 kasus aktif. Dari sisi vaksinasi, pada periode yang sama di Jawa Barat telah mencapai 85,91 persen untuk Dosis 1, dan 74,52 persen untuk Dosis 2, serta 32,78 persen untuk Dosis 3.

Baca juga: Airlangga: Wajib vaksinasi booster bila hadiri kegiatan keramaian

Untuk wilayah Depok, cakupan vaksinasi baru mencapai 78,99 persen untuk Dosis 1, dan 70,49 persen untuk Dosis 2, serta 28,59 persen untuk Dosis 3.

Lebih lanjut Menko Airlangga berharap RS Citra Arafiq (RSCA) Sawangan dapat terus menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga dapat terus memberikan pelayanan kesehatan prima kepada semua kalangan masyarakat

RSCA juga diharapkan mampu menyediakan alternatif pilihan fasilitas medis lengkap bagi masyarakat Depok dan sekitarnya dan mampu memberdayakan lebih banyak tenaga kerja, khususnya di bidang kesehatan dan UMKM, sehingga dapat memberikan multiplier effect yang lebih besar.

“Saya berpesan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan keberadaan RS ini, serta turut menjaga dan merawatnya dengan sebaik-baiknya. Semoga segala upaya baik kita selalu mendapat bimbingan, arahan dan petunjuk dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala,” tutur Menko Airlangga.

Baca juga: Airlangga: Pemerintah akan dorong vaksin dosis 3 jadi syarat keramaian

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022