Jakarta (ANTARA) - Tim nasional (timnas) karate siap membawa pulang medali dalam ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2022, yang berlangsung pada 9-18 Agustus di Konya, Turki.

Bendahara umum Pengurus Besar Federasi Karate-Do (PB FORKI) Regi Datau berharap 10 atlet yang berangkat ke ISG 2022 dapat meneruskan sukses prestasi yang telah diraih dalam setahun terakhir.

Timnas karate berhasil memboyong empat medali emas pada SEA Games Vietnam, sekaligus melampaui target yang diberikan. Selain itu, timnas karate juga berhasil menjadi juara umum di ASEAN University Games (AUG) 2022 Thailand dengan memboyong delapan medali emas serta SEAKF (South East Asia Karate Federation) dengan meraih lima emas.

"Di SEA Games kita dapat empat medali emas, dan Alhamdulillah di AUG kita berhasil jadi juara umum, ini prestasi luar biasa. Insya Allah di ISG kita bisa mempertahankan prestasi yang luar biasa ini dan membawa pulang prestasi yang semakin membanggkan buat FORKI dan karate Indonesia," kata Regi dalam keterangan tertulis, dikutip di Jakarta, Kamis.

Regi optimistis rekor catatan prestasi yang baik Timnas karate selama ini bisa membawa dampak prestasi yang lebih baik ke depannya. Terlebih, semua persiapan sudah dilakukan dengan baik oleh para pelatih maupun atlet.

"Melihat prestasi yang terus menanjak, pelatih dan atlet juga punya optimisme yang sangat tinggi, kami pun pengurus melihat Insya Allah di ISG bisa mendapatkan hasil yang sangat baik. Dengan persiapan yang baik, kami optimis bisa pulang membawa medali," ujar Regi.

Baca juga: Karate Indonesia berjaya di SEA Games Vietnam

"Saya berharap kepada atlet yang berangkat, dengan persiapan yang sudah dilakukan selama ini dan prestasi yang telah dicapai selama ini, mereka bisa perform sesuai level yang sudah dicapai. Jangan lupa semangat terus dijaga dan dibarengi doa, jadi setiap bertanding kita siap tidak cuma fisik, tapi mental dan batin juga siap maksimal."

Regi baru saja didapuk menjadi bendahara umum FORKI di bawah kepemimpinan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan Sekjen Raja Sapta Ervian. Meski begitu, dia menyebut sangat senang dan bersemangat melihat para atlet yang terus menghasilkan prestasi di kancah internasional.

"Saya masuk ke FORKI saat prestasi sedang bagus-bagusnya. Kita lihat, prestasi di SEA Games 2021 memenuhi target, di AUG juara umum, di SEAKAF kita dapat 5 emas. Semangat itu yang terbawa ke saya untuk semakin membuat karate Indonesia makin harum di pentas dunia," kata Regi.

FORKI mengirimkan 10 atlet, tiga pelatih dan dua wasit ke ISG 2022. Menurut jadwal, kontingen atlet Timnas karate akan bertolak dari Jakarta menuju Konya, Turki pada Minggu (14/8).

Para atlet akan turun di delapan pertandingan, yakni kata perorangan putra dan putri, kata beregu putra serta lima kelas kumite yakni 55kg putri, -68kg putri, 60 kg putra, 75 putra dan kelas -84 putra.

Sepuluh atlet tersebut yakni Ahmad Zigi, Krisda Putri, Cok Istri Agung, Keiko Georgia Hutagalung, Andi Dasril, Andi Tomi, Albiyadi, Ari Saputra, Ignatius Joshua dan Claudio. Tim pelatih diperkuat Omita Ompi, Faruk Abdul salam dan Idris Gusti serta dua wasit, Efendi Putin dan Musalir Bado.

Baca juga: Ayustina sumbang perak pertama untuk Kontingen Indonesia di ISG 2022
Baca juga: Klasemen sementara ISG 2021: Indonesia berada di urutan ke-13

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022