Laki-laki dan perempuan, mendukung ibu untuk memberikan ASI eksklusif
Jakarta (ANTARA) - Istri Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin berkesempatan memberikan vitamin A kepada seorang bayi di sela kegiatan mendampingi Wapres Ma'ruf Amin meninjau Posyandu Kenanga di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis.

Wury Ma’ruf Amin memberikan vitamin A dengan cara meneteskannya ke mulut bayi.

Pada kesempatan itu, dia berpesan bahwa vitamin A sangat penting bagi Balita yakni untuk organ penglihatan, pertumbuhan tubuh, pembelahan sel, kesehatan sistem reproduksi, dan menunjang sistem kekebalan tubuh.

“Fungsinya banyak, di antaranya adalah menjaga kesehatan mata, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menunjang pertumbuhan janin, menjaga kesehatan tulang, dan mencegah campak,” terangnya.

Wury juga mengingatkan bahwa asupan ASI eksklusif untuk bayi usia 0-5 bulan sangat berharga, di mana selama 6 bulan pertama, bayi cukup diberikan ASI saja tanpa menambahkan dan/atau mengganti dengan makanan atau minuman lain, termasuk air putih.

Masa 6 bulan ini adalah periode emas bagi perkembangan anak sampai 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“Saya minta kita semua, laki-laki dan perempuan, mendukung ibu untuk memberikan ASI eksklusif pada anaknya secara sempurna,” kata Wury.

Kegiatan Wapres dan istri meninjau Posyandu Kenanga di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dalam rangka memastikan kesiapan posyandu itu melakukan deteksi dini dan menangani stunting pada bayi.

Baca juga: Iriana Jokowi dan Wury Ma'ruf Amin tinjau vaksinasi anak di Bandung

Baca juga: Wapres cek kesiapan posyandu di Banjarbaru Kalsel tangani stunting

Baca juga: Pemerintah susun strategi agar stunting turun 3 persen pada 2022

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022