Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap Solidarity Sport Festival yang digagas oleh Barisan Muda Kosgoro 1957 (BMK 57) bisa menjadi ekspresi pemuda terutama dari kalangan milenial.

Sesuai dengan rencana, Solidarity Sport Festival digelar di Kantor Kemenpora dan sekitarnya, 19-25 September akan diisi beberapa kegiatan mulai dari futsal, basket, esport, boling, golf, fashion show juga pentas seni dan budaya.

"Menurut kami, ini adalah hal yang memenuhi harapan anak-anak muda dan kaum milenial yang sangat rindu dan sangat butuh tempat untuk berekspresi dan menyalurkan hobi mereka," kata Menpora Amali dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Pria asal Gorontalo itu menjelaskan, Solidarity Sport Festival bisa dikatakan sebagai sebuah terobosan positif dan diharapkan menjadi role model untuk menyatukan potensi pemuda di masa mendatang yang bermanfaat di tengah masyarakat.

"Mudah-mudahan ini akan sukses dan menjadi model penyelenggaraan kegiatan anak-anak muda sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebab, jika melakukan kegiatan hanya sesuai yang kita inginkan tidak sesuai dengan anak muda lain mungkin tidak akan sukses," kata Menpora.

Sementara itu, Ketua Umum BMK Kosgoro Kemas Ilham Akbar mengatakan Solidarity Sport Festival bisa menjadi media pemuda khususnya di wilayah Jabodetabek bersaing sehat dan berkreasi. Apalagi pesertanya berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

"Kami berharap dengan kegiatan ini bisa mengajak seluruh anak muda di Jabodetabek khususnya untuk bersama-sama bersaing berkompetisi sehat juga berkreasi. Rencananya pesertanya berasal dari pelajar, mahasiswa dan umum," katanya.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Menpora Amali yang sudah mensupport dan mendukung kegiatan ini, semoga ini bisa menjadi kegiatan yang berkelanjutan dan berkesinambungan," pungkas Kemas.

Menpora Zainudin Amali sebelumnya melakukan audiensi dengan Ketua Umum Barisan Muda Kosgoro 1957 Kemas Ilham Akbar. Hadir dalam pertemuan tersebut Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Staf Khusus Bidang Kreativitas dan Inovasi Kaum Milenial Alia Noorayu Laksono dan Ketua Penyelenggara BMK 57 Toar Manembu.

Baca juga: 193 atlet berprestasi diangkat jadi PNS di Lingkungan Kemenpora
Baca juga: Pemerintah akan bangun pusat pelatihan sepak bola di IKN Nusantara

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022