Beliau ulama yang sangat toleran dalam pergaulan, ulama yang patut diteladani.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Smith.

"Saya ingin mengucapkan belasungkawa telah meninggal Habib Zen bin Smith. Saya ucapkan inna lillāhi wa inna ilaihi rājiun," kata Wapres di sela kunjungan kerja di Kalimantan Selatan, Kamis.

Wapres mengenang Habib Zen sebagai ulama yang sangat disegani para habaib, dan pernah menjadi Ketua Umum Rabithah Alawiyah.

"Saya sangat dekat sekali. Setiap ada acara Rabithah Alawiyah, saya selalu diundang, baik acara formal maupun dalam berbicara hati ke hati," ujarnya.

Kiai Haji Ma'ruf Amin mengenal Habib Zen sebagai pribadi yang mudah bergaul, sangat pro terhadap NKRI, serta sering membantu pemerintah.

"Beliau juga masuk dalam pengurus, Mustasyar PBNU. Pergaulannya luas sekali, pandangannya jernih, dan pikirannya sangat moderat. Beliau ulama yang sangat toleran dalam pergaulan, ulama yang patut diteladani," kata Ma'ruf Amin.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga Ketua Dewan Syuro Rabithah Alawiyah Habib Zen bin Umar bin Smith wafat pada hari Rabu (10/8). Kabar duka ini terkonfirmasi dari pernyataan resmi DPP Rabithah Alawiyah.

Baca juga: Kapolri minta Rabithah Alawiyah sampaikan harkamtibmas lewat dakwah
Baca juga: Melihat gaya Jenderal Polisi Listyo Sigit rangkul ormas Islam
Baca juga: Tokoh agama minta Pemerintah bantu masyarakat sektor mikro informal

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022