Pangkalpinang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan bagi wisatawan asing (wisman).

"Kalau Bali sudah banyak dikunjungi, dan Babel ini akan menjadi menarik bagi wisatawan asing dan nusantara," kata Sandiaga Salahuddin Uno di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan alam di Bangka Belitung sangat indah dan kuliner masyarakat Bangka Belitung ini juga enak-enak, tinggal bagaimana mengemas, mempromosikan, menjaga dan melestarikannya.

"Babel sangat berpotensi, apalagi nanti akan ada penambahan jumlah penerbangan, masa liburan dan sangat strategis karena hanya 50 menit penerbangan dari Jakarta," ujarnya.

Menurut dia,ba pengelolaan ekonomi kreatif di Bangka Belitung sudah bagus sekali. Oleh karena itu, Kemenparekraf berkolaborasi dengan pemerintah daerah fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif ini.

Baca juga: Sandi katakan dua maskapai berminat terbang dari luar negeri ke Babel

"Pariwisata dan ekonomi kreatif ini menciptakan enam kali lipat lebih banyak menciptakan lapangan kerja dibandingkan sektor industri lainnya termasuk tambang," katanya.

Oleh karena itu, pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif ini harus fokus dengan aspek pariwisata berkualitas dan berkelanjutan serta ekonomi kreatif betul-betul solutif dapat menjadi peluang dan kebutuhan ekonomi masyarakat.

"Tadi saya lihat objek wisata di Desa Perlang indah-indah dan kulinernya juga enak-enak sekali," katanya. 

Baca juga: Menparekraf sebut sektor pertambangan dan pariwisata harus bersanding
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022