Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan penerapan tarif integrasi tiga moda angkutan umum massal, TransJakarta, MRT dan LRT, sudah bisa digunakan dengan aplikasi dan kartu JakLingko.

"Dua-duanya bisa. Jadi sekarang untuk aplikasi sendiri hari ini sudah laik, sudah bisa dicoba, demikian pula dengan kartu transportasinya," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Jakarta, Kamis.

Sebagai gambaran, kata dia, masyarakat dapat menggunakan aplikasi JakLingko dari titik keberangkatan dan tujuan dengan rute terhemat. Misalnya, berangkat dari Stasiun MRT Fatmawati menuju Halte TransJakarta Bank Indonesia. Maka, calon penumpan memiliki beberapa pilihan, salah satunya rute terhemat dengan biaya Rp5.750 dan estimasi waktu tempuh total 60 menit.

Untuk rute hemat itu, katanya, pengguna berangkat dari Stasiun MRT Fatmawati menuju Stasiun MRT Istora kemudian beralih ke Halte TransJakarta Polda Metro Jaya, lalu menuju Halte TransJakarta Bank Indonesia arah selatan. Penghematan untuk jalur itu mencapai Rp6.750 dari biaya biasanya mencapai Rp12.500 sekali perjalanan.

Syafrin juga memberikan gambaran perjalanan dari Stasiun LRT Pegangsaan Dua menuju Stasiun MRT Lebak Bulus. Tarif integrasi dengan rute terhemat mencapai Rp9.250 dengan waktu tempuh 105 menit atau lebih hemat dibandingkan tarif biasanya Rp17.000 sekali jalan.

Rutenya adalah dari LRT Pegangsaan Dua menuju LRT Velodrome, kemudian beralih Halte TransJakarta Pemuda Rawamangun melalui koridor 4C dan turun di Halte TransJakarta Polda Metro Jaya. Dari Halte TransJakarta Polda Metro Jaya kemudian melalui Stasiun MRT Istora menuju Stasiun MRT Lebak Bulus.

Baca juga: Anies tetapkan tarif integrasi untuk transportasi massal Rp10.000

Syafrin menambahkan untuk perpindahan moda transportasi massal itu, pengguna perlu melakukan pemindaian masuk dan keluar (tap in dan tap out) baik untuk aplikasi dan kartu JakLingko yang dapat dibaca oleh sistem karena masih dalam satu kesatuan integrasi.

Pihaknya menggencarkan sosialisasi tarif integrasi tiga moda angkutan umum massal TransJakarta, MRT, LRT Jakarta dalam satu bulan mendatang untuk meningkatkan penggunaan, dengan tarif integrasi maksimum Rp10 ribu.

Aplikasi JakLingko dapat diunduh gratis masyarakat salah satunya melalui Google Playstore, sedangkan untuk kartu, kata dia, dapat menggunakan kartu JakLingko, Bank DKI dan Bank Mandiri.

Untuk uang elektronik dari bank lainnya, kata dia, tetap dapat digunakan namun diperbaharui dulu di loket JakLingko sehingga tidak perlu membeli kartu baru.

Baca juga: Tarif integrasi antarmoda Rp10 ribu dapat dinikmati mulai Kamis
Baca juga: JakLingko jelaskan tarif integrasi TransJakarta berlaku di 28 koridor

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2022