Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro memelihara sirkuit Formula E (Jakarta International E-Prix Circuit/JIEC) Ancol,  Jakarta Utara secara rutin menjelang penyelenggaraan salah satu kirab budaya terbesar di Indonesia, Jakarnaval 2022 pada Minggu (14/8).

Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E PT Jakpro Irawan Sucahyono memastikan tembok sirkuit yang terkelupas karena pencopotan iklan seusai perhelatan balap mobil listrik Formula E pada 4 Juni 2022 juga akan dicat ulang.

"Ini sebenarnya cat itu bukan terkelupas, tapi kemarin penuh dengan iklan, sudah dicopot, ini akibatnya. Jadi nanti kan akan kami isi lagi dengan iklan baru dan akan kami cat yang tidak beriklan," kata Irawan kepada wartawan di Jakarta Utara seusai konferensi pers Jakarnaval 2022 di JIEC Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis.

Irawan  mengatakan semua pemeliharaan sirkuit Formula E masih dilakukan oleh Jakpro. Dia menunjukkan bagian aspal yang masih mulus dan bersih meski sirkuit juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan otomotif dan kegiatan olah raga lain, misalnya sepeda santai, setelah berlangsungnya Formula E.

Tribun Formula E, kata dia, juga masih rapi meski seluruh bagian atap sudah diangkat setelah pagelaran balap mobil listrik pada 6 Juni.

Ia mengatakan area tribun yang digunakan untuk Jakarnaval yakni 2A sampai 2E memiliki kapasitas sekitar 6.500 orang. Sisanya tempat penonton berdiri atau area festival diperkirakan total kapasitas penonton Jakarnaval 2022 di sirkuit Formula E berjumlah 10.000 orang.

"Kalau saya lihat panitia tidak menambah, jadi ini cukup ya. Dan ada 6.850 yang di tribun. Tetapi yang akan mengelilingi dinding ini, yang sifatnya adalah festival akan jauh lebih banyak tempatnya," kata Irawan.

Baca juga: Sirkuit Formula E jadi arena Jakarnaval 2022

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menjadikan Sirkuit Formula E (Jakarta International E-Prix Circuit/ JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, sebagai arena (venue) salah satu kirab budaya terbesar di Indonesia atau Jakarnaval 2022.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Andhika Permata dalam konferensi pers di JIEC Ancol, Jakarta Utara, Kamis, mengatakan pihaknya melangsungkan ajang unggulan DKI Jakarta yang berusia 23 tahun itu pada Minggu (14/8) pukul 15.00-20.00 WIB.

Andhika menambahkan Jakarnaval tahun ini sudah masuk ke dalam program Kharisma Event Nusantara Kementerian Parekraf Republik Indonesia. Makanya penyelenggaraan acara nanti merupakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta bersama Kemenparekraf, kemudian didukung Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Propertindo, dan Mal Ancol Beach City (ABC Mall).

Baca juga: "Transformer" hingga "MRT" meriahkan Jakarnaval 2019
Baca juga: Kebudayaan Korea ikut ramaikan parade Jakarnaval 2019

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2022