Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda para pelaku bisnis online atau jika Anda salah satu pelanggan yang terbiasa belanja secara online, atau melakukan transaksi ekspor dan impor maka, tidak akan asing dengan cek resi atau melacak paket barang. Tentu saja Anda akan bekerja sama dengan jasa pengantar barang atau jasa ekspedisi.

Selain mengirim barang atau paket dalam estimasi waktu yang ditentukan, jasa pengiriman barang juga yang akan memberikan kita nomor resi dari pengiriman barang. Bagi pemula tentu saja masih bingung mengenai apa saja manfaat dan apa pengertian dari cara cek resi.

Maka dari itu, simak ulasan mengenai seputar pengertian, manfaat dan juga bagaimana cara cek resi supaya Anda bisa lebih paham. Seperti apa, simak bersama yuk!

    Pengertian dari Resi Paket Pengiriman

Jika berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, resi diartikan sebagai tanda terima paket, surat dan uang kiriman. Bisa juga diartikan dengan tanda terima paket barang atau uang kiriman yang dalam bentuk tertulis.

Bisa juga dikatakan resi merupakan nomor khusus yang didapatkan dari pihak jasa pengiriman paket. Nomor itu bisa didapatkan apabila Anda sudah transaksi dengan pihak jasa pengiriman paket/barang mengenai paket yang hendak Anda kirim dan disampaikan pada penerima.

Nomor resi tersebut adalah nomor yang menjadi barang bukti pengiriman yang harus dimiliki oleh penerima dan pengirim. Selain itu, bagi penerima paket, nomor resi memiliki tujuan yang bisa digunakan untuk memeriksa status terhadap pengiriman paket barang.

Sebagai contoh, apabila Anda seorang penerima paket pengiriman atau pembeli maka cara cek resi Anda yakni buka website jasa ekspedisi dan input nomor resi unik tersebut lalu Anda akan segera mengetahui status paket pengiriman barang sudah sampai di mana.

Perlu diingat, setiap nomor resi pada segala transaksi yang terjadi di online shop atau marketplace, maka nomor resi diberikan oleh jasa ekspedisi kepada pengirim, kemudian pengirim akan memberikan nomor resi kepada penerima. Nomor itu diakses dengan cara tergantung dari jasa ekspedisi apa yang digunakan. Bisa melalui aplikasi atau menggunakan situs website.

Detail pengiriman di antaranya mencakup nomor resi, nama penerima, alamat penerima, nama pengirim, dan nama barang.

    Manfaat Nomor Resi 

Sebagaimana yang Anda ketahui, cara cek resi tergantung pada jasa ekspedisi yang digunakan. Maka, sebelum lebih lanjut, di bawah ini merupakan ulasan mengenai apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dari nomor resi daripada pengiriman.

Nomor resi adalah nomor dari hasil acak yang menjadi identitas pengiriman barang. Penasaran apa saja manfaatnya, intip yuk!

Sebagai Tanda Paket Sudah Dalam Proses Dikirim

Pengirim akan memberikan nomor resi yang sudah ada kepada pihak dari penerima. Nomor resi berasal dari jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi. Nomor resi lah yang bisa menjadi bukti bahwa barang sudah dalam proses pengiriman.

Jika Anda ragu, maka coba periksa nomor resi tersebut. Cara cek resi memang cukup mudah, bisa melalui aplikasi atau website jasa pengiriman apa yang digunakan, periksa apakah nomor itu asli atau palsu.

Sebagai Pelacak Paket Pengiriman

Nomor resi akan sangat berguna bagi penerima paket pengiriman barang. Jika Anda ingin memastikan status paket barang aman, lakukan cara cek resi tersebut dengan cara yang mudah. Tidak hanya memeriksa status saja, sebenarnya bisa tahu dengan mudah mengenai estimasi waktu paket akan sampai pada alamat yang sudah dicantumkan.

Apabila Anda mengalami kasus di mana paket yang Anda tunggu tidak kunjung sampai di alamat Anda, bisa langsung saja cek resi.

Lebih Mudah saat Mengambil Barang Langsung di Kantor Jasa Pengiriman Barang

Pada poin ini, nomor resi akan sangat berguna jika barang yang sudah dipesan tidak hendak sampai di alamat rumah Anda yang disebabkan oleh beberapa alasan. Solusinya adalah penerima harus datang ke kantor jasa ekspedisi untuk mengambil barang.

Maka, bisa manfaatkan nomor resi yang sudah Anda punya dan berikan pada petugas jasa ekspedisi. Namun, perlu diketahui bahwa mengambil barang langsung di kantor jasa ekspedisi tidak bisa sembarangan, karena memerlukan informasi tambahan seperti fotokopi KTP atau bisa juga dengan menggunakan kartu identitas yang lain.

Cara Cek Resi dengan Mudah

Nomor resi sangatlah penting, terutama dari pihak penerima paket. Jika penerima paket memiliki nomor resi maka penerima akan lebih mudah melacak atau memeriksa status paket pengiriman barang serta lebih mudah mengetahui estimasi waktu pengiriman paket sampai ke tempat tujuan yang sudah tercantum.

Maka dari itu, berikut ini adalah ulasan mengenai bagaimana cara cek resi supaya Anda bisa lebih memahaminya. Terutama bagi Anda yang masih pemula bisa juga ikuti cara cek resi di bawah ini. Penasaran bagaimana caranya, simak dan ikuti caranya yuk!

Salin Nomor Resi

Untuk cara cek resi selanjutnya, Anda harus menyalin nomor resi. Kemudian tempel nomor resi pada kolom yang tersedia. Selanjutnya tunggu sampai muncul hasilnya pada layar komputer atau ponsel Anda pada beberapa saat saja. Maka Anda akan segera mengetahui informasi mengenai status paket yang Anda tunggu. Tentu saja cara cek resi yang sudah Anda lakukan dengan mengikuti langkah ini sangatlah mudah.

Demikian ulasan mengenai cara cek resi serta beberapa penjelasan mengenai pengertian dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memiliki nomor resi pada setiap transaksi yang Anda lakukan. Ingat juga bahwa setiap transaksi, Anda wajib minta nomor resi pada penjual atau pada pihak yang akan mengirim barang. Referensi : noodol-cafe.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022