Jakarta (ANTARA) - Vice President Sekretaris Perusahaan Taman Impian Jaya Ancol Agung Praptono mengatakan pihaknya mengenalkan kreativitas kekayaan intelektual (intellectual property/IP) baru di Jakarnaval tahun 2022 di sirkuit Formula E (Jakarta International E-Prix Circuit/JIEC) Ancol, Minggu (14/8).

"Di perhelatan Jakarnaval sebelumnya, Ancol juga mengikuti dengan menyumbangkan beberapa IP, jadi kami punya IP Dunia Fantasi, Dufi, di Jakarnaval. Dan yang spesial lagi, tanggal 14 ini kami memperkenalkan IP baru yang berkolaborasi dengan salah satu anak usaha Pembangunan Jaya Ancol Tbk dengan Batavia Pictures, yang kami namakan Jagat Rimba," kata Agung di JIEC Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis.

Agung  mengatakan karakter dari kreativitas kekayaan intelektual Jagat Rimba itu juga memiliki serial kartun daring (webtoon) yang cuplikannya (teaser)  baru diungkap di Jakarnaval 2022, Minggu (14/8).

Untuk tahun depan, kata dia, Ancol juga mempersiapkan Jagat Rimba dalam bentuk film animasi.

Agung mengungkap karakter dari Jagat Rimba yang baru dikenalkan pada Jakarnaval merupakan satwa endemik di Indonesia, seperti orang utan dan kasuari.

Baca juga: Sirkuit Formula E jadi arena Jakarnaval 2022

Ketua Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) DKI Jakarta itu meyakini kalau film animasi Jagat Rimba akan memiliki jalan cerita yang menarik bagi kalangan yang sesuai segmentasi Taman Impian Jaya Ancol, yakni keluarga dan anak-anak.

Sementara itu, Direktur Proyek Jakarnaval 2022 Basid Faisal Nurdin mengatakan ada tujuh kreatifitas kekayaan intelektual lokal yang ditampilkan di JIEC Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada Minggu (14/8).

Basid  mengatakan pada saat kirab budaya digelar, masing-masing kreatifitas kekayaan intelektual tersebut akan diceritakan kisahnya kepada penonton Jakarnaval 2022.

"Kami ada tujuh IP, ada Keong Mas, Si Jampang, Pitung, dan lain-lain. Jadi masyarakat yang datang langsung ke Ancol untuk ikut memeriahkan Jakarnaval akan menyaksikan sejarah terciptanya parade yang luar biasa, khususnya di Jakarta," kata Basid.

Selain itu, kata Basid, di Jakarnaval 2022 nanti juga dimeriahkan dengan hiburan musik dari artis nasional seperti Armada, Lyodra, dan Juicy Luicy.

Seluruh pengunjung Taman Impian Jaya Ancol memperoleh kesempatan menyaksikan Jakarnaval 2022 secara gratis apabila sudah membeli tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol secara daring melalui www.ancol.com. Jakarnaval berlangsung dari pukul 15.00-20.00 WIB.

Agung Praptono mengatakan panitia tidak menetapkan harga tiket menonton Jakarnaval jika sudah membeli tiket masuk area Taman Impian Jaya Ancol secara daring senilai Rp25.000.

Mengingat Jakarta saat ini masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1, maka protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 dan wajib vaksin hingga dosis ketiga juga berlaku bagi setiap pengunjung Jakarnaval.

Terkait kapasitas lokasi Jakarnaval 2022 di JIEC Ancol, menurut Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Irawan Sucahyono sebanyak 10.000 orang.

Baca juga: Jakpro pelihara sirkuit Formula E jelang Jakarnaval 2022
Baca juga: Jakarnaval 2019, parade perpaduan budaya di jalanan Ibu Kota

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2022