Jakarta (ANTARA) - Setelah dilaksanakan selama dua hari, perlombaan Caterpillar Global Operator Challenge (GOC) 2022 dimenangkan oleh Gunawan dari Tanjung Enim, Sumatra Selatan yang mewakili PT Satria Bahana Sarana.

Baca juga: Trakindo sebut hydraulic excavator 320 GX hemat bahan bakar

"Perasaannya nggak nyangka. Bangga, terharu untuk meraih juara 1 ini. Nggak terbayangkan," kata Gunawan saat dijumpai di Bali, Kamis malam (11/8).

"Dengan kemampuan sehari-hari di lapangan saya terapkan di lokasi pertandingan ini. Dengan hati yang plong, jiwa yang semangat. Itu dia," tambahnya.

Gunawan telah memulai pekerjaannya sebagai seorang operator sejak 1996. Dia mengaku bahwa dirinya telah mahir menguasai seluruh jenis alat berat. Sebelum berangkat menuju Jepang, Gunawan mengatakan bahwa persiapan yang dia lakukan adalah latihan dengan giat.

"Persiapan harus latihan pastinya untuk menghadapi kejuaraan di Jepang nanti. Terus latihan. Tapi nanti. Sekarang istirahat dulu," ujar Gunawan.

Baca juga: Trakindo gelar Caterpillar Global Operator Challenge 2022 di Bali

"Targetnya ya nggak tahu nantilah. Yang penting optimis, persiapkan diri untuk pertandingan di sana nanti. Supaya kita bisa meraih juara Indonesia. Aamiin," imbuhnya.

Di sisi lain, Senior Operator Trainer asal Banjarmasin Fathul Habir mengatakan bahwa Gunawan memiliki kemampuan yang tepat dalam mengendalikan alat berat. Sehingga, Gunawan memang dinilai layak menjuarai perlombaan ini dan mewakili Indonesia ke Jepang.

"Saya dari juri kemarin, itu pak Gunawan cara bawanya telaten gitu ya. Terus memang dia feeling-nya tepat. Kita suruh gali 1 meter, dia sudah dapat. Jadi dia sudah benar-benar menguasai sebenarnya," kata Fathul.

"Karena kalau operator yang benar-benar paham, dia pasti tahu ukurannya berapa. Dengan main feeling saja dia sudah tahu. Itu yang jarang ada orang bisa. Jiwanya itu adalah jiwa operator," lanjutnya.
Di ajang GOC Indonesia 2022, para peserta harus menunjukkan keahliannya menaklukkan berbagai tantangan dengan keahlian mereka. Pemilihan operator terbaik bertumpu pada hasil nilai akhir yang diberikan juri meliputi penilaian kemahiran pengoperasian alat berat, keahlian, dan kecepatan para peserta menaklukkan rintangan yang diberikan, serta faktor keselamatan.

Selama dua hari, para peserta menunjukkan keahliannya mengoperasikan 3 jenis alat berat, yaitu hydraulic excavator Cat 320 GX, mini excavator Cat 305.5E2, dan medium wheel loader Cat 966 GC. Untuk Cat 320 GX, peserta harus menghadapi beberapa tantangan yaitu menjatuhkan rubber cone dan memindahkan beban dengan tepat dan cepat; lalu melakukan penggalian sesuai spesifikasi yang telah ditentukan.

Untuk Cat 305.5E2, peserta harus menjatuhkan bola dengan berbagai ukuran tanpa menjatuhkan rubber cone; dan mendorong bola ke gawang serta memasukkan bola ke dalam keranjang. Sedangkan untuk Cat 966 GC, peserta diharuskan melalui rintangan secara berliku tanpa menyentuh rubber cone; dan loading material pada bucket secara maksimal. Aksi para peserta ini berhasil mengundang decak kagum dan aplaus dari khalayak.

Setelah dinobatkan sebagai operator alat berat terbaik di Indonesia, Gunawan akan melanjutkan perjuangan menjadi wakil Indonesia di babak regional pada Oktober 2022 di Chichibu, Jepang. Pemenang babak regional akan berangkat ke Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat untuk memperebutkan gelar operator alat berat terbaik di dunia.

"Pasti ada pendampingan. Mungkin ada salah satu. Mulai dari manager, perusahaan, salah satu pasti ada yang mewakili. Karena kandidat kita harus dijaga dan diingatkan terus supaya dia benar-benar menguasai lagi di daerah lain. Karena bisa saja dia grogi dia lihat orang lain. Dan di sana juga lokasinya lain dari kita. Di sana sangat eksklusif. Jadi mental terutama harus dijaga," tutup Fathul.



Baca juga: Wall Street ditutup merosot, saham Caterpillar jatuh 9,13 persen

Baca juga: Caterpillar ajukan "tax holiday" sebelum mulai beroperasi

Baca juga: Menperin: Caterpillar Ingin Perbaharui Lokomotif PT KA
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022