"Tujuh itu adalah kader-kader terbaik partai Golkar di wilayahnya masing-masing," jelasnya.
Palu (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Tingkat I Partai Golongan Karya Sulawesi Tengah (DPD I Golkar Sulteng), mengumumkan tujuh nama kader sebagai bakal calon yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Seluruh nama ini adalah kader dari Partai Golkar yang akan direkomendasi maju bertarung sebagai bakal Calon (Balon) Bupati pada Pilkada serentak 2024," kata Ketua DPD tingkat I Partai Golkar Sulteng, HM Arus Abdul Karim, dalam rapat Kerja daerah (Rakerda) di Palu, Jumat.

Ia mengemukakan, tujuh nama kader partai Golkar itu adalah Rizal Intjenae sebagai balon bupati Sigi, Erwin Burase sebagai balon Bupati Parigi Moutong dan Ilham Lawidu sebagai balon Bupati Tojo Una-una.

Selanjutnya adalah Srikandi Batalipu sebagai balon Bupati Buol, Kolonel (Purn) Asra sebagai balon Bupati Morowali dan Wardah sebagai balon Bupati Morowali Utara, serta Kabupaten Banggai adalah Benny Tamureka.

"Tujuh itu adalah kader-kader terbaik partai Golkar di wilayahnya masing-masing," jelasnya.

Senada dengan itu, Wakil Ketua DPD tingkat I Partai Golkar Sulteng Bidang Organisasi, Yus Mangun menyampaikan sedangkan tujuh wilayah lainnya memasuki tahap konsolidasi pada internal masing-masing DPD tingkat II.

"Lima daerah lainnya ditambah satu Kota masih dalam tahap konsolidasi, dan akan dibahas dalam Rakerda ini sebelum nanti akan di deklarasikan pada Rapat Pimpinan Nasional partai Golkar di Jakarta," ujarnya.

Selanjutnya dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, kata Yus Mangun, partai Golkar telah mempersiapkan tiga pasangan calon, akan tetapi masih dalam tahap pleno internal DPD tingkat I.

Ia juga mengemukakan, target lain partai Golkar adalah kursi ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulteng, dengan minimal meraih sembilan kursi.

"Harus naik dua kursi dari yang sekarang ini. Komposisi itu kita target dua kursi di daerah pemilihan VI (Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut), kemudian dua kursi tetap dari Dapil Poso-Touna-Morowali-Morut, atau dua kursi untuk dapil Donggala-Sigi. Kita optimis, Golkar akan kembali memimpin di DPRD Sulteng," demikian Yus Mangun.

Pewarta: Muhammad Izfaldi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022