Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Asia bervariasi dan yen jatuh pada perdagangan Jumat sore, menutup minggu berulang yang melihat investor terpecah tentang seberapa agresif bank sentral AS, Federal Reserve (Fed), akan menaikkan suku bunga untuk mengatasi inflasi.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,1 persen, dan Indeks ASX 200 Australia berakhir turun 0,54 persen. Indeks Hang Seng Hong Kong ditutup naik 0,46 persen, KOSPI Korea Selatan terangkat 0,16 persen, tetapi indeks saham unggulan China CSI300 turun 0,1 persen.

Nikkei Jepang adalah pengecualian utama, berakhir melonjak 2,62 persen ke level tertinggi sejak Januari karena pasar dibuka kembali setelah hari libur nasional.

Yen turun 1,14 persen dan diperdagangkan pada 133,245 per dolar.

Saham berjangka Eropa memberikan sedikit indikasi pergerakan besar untuk hari ke depan. FTSE 100 berjangka turun 0,01 persen, dengan Inggris akan melaporkan produk domestik bruto kuartal kedua di kemudian hari, sementara Euro Stoxx 50 berjangka turun 0,03 persen.

Pasar tentatif awal pekan ini menjelang data ekonomi utama dari Amerika Serikat. Laporan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Rabu (10/8/2022) menunjukkan inflasi sedikit lebih rendah dari yang diharapkan pada Juli, sementara Indeks Harga Produsen (IHP) secara tak terduga turun untuk pertama kalinya sejak April 2020.

Baca juga: Pasar saham Asia berjatuhan, investor bersiap pantau data inflasi AS

Sedikit pelonggaran data inflasi telah mendorong saham global lebih tinggi dan membatasi kenaikan dolar, sampai serangkaian pembicara Fed membayar ekspektasi bank sentral akan melambat pengetatan kebijakan lebih lanjut.

"The Fed akan melakukan apa yang mereka katakan, apa pun yang diperlukan untuk mengatasi inflasi, jadi Anda melihat beberapa reposisi di sekitar ekuitas AS," kata Ekonom Senior UBP, Carlos Casanova.

Indeks S&P 500 ditutup turun 0,07 persen dan Komposit Nasdaq turun 0,58 persen semalam, meskipun Dow Jones Industrial Average naik 0,08 persen.

Presiden The Fed San Francisco, Mary Daly, mengatakan pada Kamis (11/8/2022) bahwa sementara kenaikan suku bunga 50 basis poin bulan depan "masuk akal" mengingat data ekonomi, dia akan terbuka untuk kenaikan yang lebih besar jika perlu. Suku bunga saat ini berada di kisaran 2,25 persen-2,5 persen.

Presiden The Fed Chicago, Charles Evans, mengatakan dia yakin The Fed kemungkinan akan perlu menaikkan suku bunga kebijakannya menjadi 3,25 persen-3,5 persen tahun ini dan menjadi 3,75 persen-4,0 persen pada akhir tahun depan, sejalan dengan apa yang ditunjukkan oleh Ketua The Fed Jerome Powell setelah pertemuan terakhir Juli.

Lebih lanjut Presiden The Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan dia belum "melihat apa pun yang mengubah" kebutuhan untuk menaikkan suku bunga kebijakan Fed menjadi 3,9 persen pada akhir tahun ini dan menjadi 4,4 persen pada akhir 2023.

Baca juga: Saham negara berkembang naik, setelah pertumbuhan inflasi AS melemah

Mencerna komentar-komentar tersebut, investor masih tidak yakin bagaimana sikap The Fed.

Peluang kenaikan 75 basis poin pada September setinggi 68 persen di awal pekan, tetapi sekarang sekitar 34 persen, di mana mereka berada seminggu yang lalu.

"Ada terlalu banyak ketidakpastian untuk mengetahui jalur minyak dan harga IHK lainnya di depan, tetapi puncak inflasi jelas ada di belakang kita," tulis Kepala Strategi Global Nikko Asset Management, John Vail, dalam sebuah catatan.

"Pertanyaan kuncinya adalah seberapa jauh dan seberapa cepat itu akan turun. Kami percaya inflasi akan cukup sulit dan bank sentral harus lebih hawkish daripada konsensus."

Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun bertahan kuat setelah naik semalam dan terakhir diperdagangkan di 2,8765 persen. Imbal hasil anjlok di tengah data IHK pada Rabu (10/8/2022) tetapi rebound ke level tertinggi hampir tiga minggu pada Kamis (11/8/2022).

Dalam komoditas, minyak mentah berjangka Brent turun 54 sen menjadi diperdagangkan di 98,06 dolar AS per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate AS juga turun 55 sen, menjadi diperdagangkan di 93,79 dolar AS per barel.

Brent masih di jalur untuk naik lebih dari 4,0 persen minggu ini, sementara WTI tampaknya akan menandai kenaikan mingguan sebesar 5,0 persen.

Bitcoin, mata uang kripto terkemuka, memangkas beberapa kenaikan semalam dan kehilangan 1,10 persen menjadi diperdagangkan pada 23.943 dolar AS.

Baca juga: Rupiah akhir pekan menguat tajam, ditopang fundamental ekonomi solid
Baca juga: Harga minyak naik tipis, menuju kenaikan mingguan di tengah isu resesi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022