Insyallah, sold out untuk kuota yang disiapkan
Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI Budiman Dalimunthe mengatakan bahwa tiket laga final Piala AFF U-16 2022 Indonesia versus Vietnam, yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8), mulai pukul 20.00 WIB, habis terjual.

Kepada ANTARA di Sleman, Jumat, Budiman mengatakan karcis sudah ludes sejak siang hari.

"Insyallah, sold out untuk kuota yang disiapkan," ujar dia.

Baca juga: Final Piala AFF U-16: Kehadiran orang tua modal Indonesia raih juara

Menurut Budiman, jumlah tiket yang dijual untuk pertandingan final Indonesia versus Vietnam adalah lebih dari setengah dari kapasitas maksimal arena pertandingan, Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Adapun jumlah maksimal yang bisa ditampung Maguwoharjo yaitu 31.700 penonton.

Dengan demikian, total suporter Indonesia yang akan hadir di Stadion Maguwoharjo untuk pertandingan Indonesia kontra Vietnam sekitar 15.000 orang.

Jumlah itu menjadi yang terbanyak selama penyelenggaraan Piala AFF U-16 2022 di Yogyakarta.

Sebelumnya, jumlah penonton paling ramai tercatat juga pada pertandingan Indonesia melawan Vietnam dalam Grup A, Sabtu (6/8), yakni 10.599 orang.

Budiman Dalimunthe pun meminta suporter untuk menjaga ketertiban baik di dalam maupun di luar stadion.

Suporter, dia melanjutkan, dilarang membawa dan menyalakan benda-benda berbahaya seperti suar (flare) serta bom asap (smoke bomb).

Baca juga: Bima: Orang tua motivasi terbesar pemain timnas U-16 di final AFF

"Penonton juga tak boleh melakukan hal negatif lain misalnya melempar benda-benda lapangan dan mengucapkan sesuatu yang berkaitan dengan rasisme. Kemudian, penonton yang tak memiliki tiket dimohon jangan datang ke stadion. Semua tiket dijual secara daring," kata Budiman.

Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF U-16 2022 setelah mengandaskan perlawanan Myanmar melalui adu tendangan penalti dengan skor 5-4 (1-1) pada laga semifinal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8).

Sementara Vietnam ke partai puncak usai menaklukkan Thailand 2-0 di empat besar.

Bagi Indonesia dan Vietnam, pertemuan di final Piala AFF U-16 2022 menjadi pertemuan pertama kedua negara di partai puncak turnamen tersebut sepanjang sejarah.

Vietnam, bersama Thailand, tercatat sebagai tim tersukses di Piala AFF U-16 dengan tiga gelar juara. Adapun Indonesia baru sekali keluar sebagai kampiun yaitu pada edisi 2018, saat kompetisi itu dilaksanakan di Jawa Timur.

Sebelum laga final, pada hari dan tempat yang sama, ada pertandingan perebutan tempat ketiga yang mempertemukan Thailand dan Myanmar mulai pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Vietnam waspadai serangan cepat Indonesia di final AFF U-16
Baca juga: Pelatih Vietnam minta PSSI jamin keamanan pemainnya di final AFF U-16


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022