Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 450 mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin mengikuti program Wirausaha Merdeka tahun 2022 yang menjadi bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diadakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, ULM ditunjuk sebagai pelaksana program Wirausaha Merdeka di zona Kalimantan dengan tema Wirausaha di Gerbang Ibu Kota Negara (IKN)," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat.

Dijelaskan dia, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek menargetkan sebanyak 750 mahasiswa mengikuti program ini di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan.

Untuk itulah, 450 orang yang telah diisi mahasiswa ULM akan ditambah 300 mahasiswa di luar ULM yang akan didampingi oleh 75 orang dosen pendamping lapangan (DPL) baik dari ULM maupun dari PTN lain.

Baca juga: Unismuh Makassar seleksi 700 Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek

Baca juga: Kemendikbudristek luncurkan program Wirausaha Merdeka


Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh oleh mahasiswa, Sutarto pun mengajak para pimpinan PTN dan PTS di Kalimantan mendorong mahasiswa masing-masing yang memenuhi syarat untuk ikut bergabung dalam program ini.

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausaha melalui aktivitas di luar kelas.

Pelaksanaan program Wirausaha Merdeka meliputi pembekalan kompetensi kewirausahaan, peningkatan ketrampilan wirausaha melalui praktikum/magang, peningkatan pengalaman wirausaha melalui pengembangan ide atau implementasi bisnis, atau kegiatan lain yang bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha.

Melalui kegiatan Wirausaha Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills dan kemampuan manajerial, serta mendapat pengalaman wirausaha dan peningkatan kemampuan daya kerja yang disetarakan dalam bentuk satuan kredit semester (SKS).*

Baca juga: Rektor : Kampus Merdeka latih mahasiswa berkolaborasi

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022