Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Thailand merebut peringkat ketiga Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Myanmar dengan skor 3-0 pada laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat sore.

Gol-gol Thailand dilesakkan oleh penyerang mereka Tontawan Puntamunee, Chanasom Choklap dan Kritakan Rungrotbenjaphon, seluruhnya pada babak kedua.

Hasil tersebut membuat Thailand mengulangi prestasi mereka di Piala AFF U-16 tahun 2016.

Sementara bagi Myanmar, posisi keempat pada edisi tahun 2022 adalah yang kedua di Piala AFF U-16. Mereka mencatatkan prestasi serupa di turnamen itu tahun 2018.

Pertandingan Thailand versus Myanmar pada perebutan tempat ketiga Piala AFF U-16 2022 sejatinya berlangsung relatif imbang.

Akan tetapi, Myanmar tampil lebih ngotot dan sempat mencetak gol pada menit kesembilan. Sayangnya, gol dari sepakan Shine Wanna Aung itu dianulir oleh wasit Abdul Hakim asal Brunei Darussalam karena "offside".

Baca juga: Indonesia melaju ke final Piala AFF U-16 2022
Baca juga: Timnas U-16 ingin juarai Piala AFF sebagai hadiah HUT RI


Usai jeda, Thailand menunjukkan permainan terbaiknya dan melakukan gempuran-gempuran ke pertahanan Myanmar.

Skuad asuhan pelatih Pipob Onmo pun sukses membuka keunggulan pada menit ke-70 setelah Tontawan Puntamunee berhasil memanfaatkan bola yang memantul dari tepisan kiper.

Menit ke-84, Thailand menggandakan kedudukan menjadi 2-0 berkat sundulan bek Chanasom Choklap yang mengonversi umpan silang.

Sekitar satu menit kemudian, Chanasom harus keluar lapangan lantaran mendapatkan kartu merah dari hasil dua kartu kuning.

Namun, Myanmar tak bisa memanfaatkan keunggulan pemain yang mereka miliki. Justru Thailand menjauhkan jarak melalui gol Kritakan Rungrotbenjaphon pada menit 90+4'.

Skor 3-0 untuk kemenangan Thailand pun bertahan sampai laga usai.

Baca juga: Bima Sakti janjikan Indonesia ambil inisiatif serangan kontra Vietnam
Baca juga: Vietnam waspadai serangan cepat Indonesia di final AFF U-16

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022