Semoga menjadi haji yang mabrur
Manado (ANTARA) - Jemaah haji asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tiba di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Jumat, melalui dua penerbangan.

"Mereka tiba di tanah air, Kamis (11/8) di embarkasi Balikpapan, dan hari ini (12/8) tiba di Bandara Sam Ratulangi," kata GM Bandara Samrat Minggus Gandeguai, di Manado, Jumat.

Jemaah haji ini berasal dari Manado, Tomohon, Bitung, KotaMobagu, Sangihe, Talaud, Bolaang Mongondow, Minahasa, dan wilayah sekitarnya.

Kepulangan jamaah haji hari ini dibagi ke dalam dua penerbangan yaitu pertama sebanyak 164 Jemaah Haji diberangkatkan dengan pesawat charter Lion Air JT 5740 tiba pada pukul 02.15 WITA. Sedangkan penerbangan charter kedua Lion Air JT 5742 tiba pada pukul 02.35 WITA membawa 150 jemaah haji.

“Dalam pengawasan dan pelaksanaan di lapangan kami bersinergi dengan KKP, TNI Polri, maskapai, dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulut guna mendukung kelancaran kepulangan jamaah haji,” ujar Minggus.

Baca juga: Seorang haji Kalbar meninggal dunia di RSBP Batam karena sakit jantung
Baca juga: Indonesia dapat penghargaan dari Arab Saudi terkait layanan haji

Minggus menjelaskan bahwa telah dilakukan pengaturan mulai dari aliran kendaraan penjemput serta area parkir yang digunakan. Adapun pengambilan bagasi dilakukan di Asrama Haji guna menghindari penumpukan antara penjemput dan Jemaah Haji.

PPIH juga telah menyediakan kendaraan berupa bus untuk memfasilitasi Jemaah Haji menuju asrama haji.

“Semoga menjadi haji yang mabrur dan kembalinya jemaah haji asal Sulut dapat semakin meningkatkan toleransi dan harmonisasi di Sulut,” ujar Minggus.

Baca juga: Menag apresiasi petugas haji telah melayani jamaah haji
Baca juga: PPIH Debarkasi Solo pulangkan dua kloter haji ke daerah asal Kamis
Baca juga: Kemenag: Kuota haji Mataram tahun depan diharapkan bisa normal

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022