PT Angkasa Pura I merasa bangga dan menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang kami peroleh dalam ajang TJSL & CSR Award 2022 Tahun Ke-2
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) meraih dua penghargaan dalam ajang TJSL & CSR Award 2022 Tahun Ke-2 yang diselenggarakan oleh BUMN Track dan Indonesia Shared Value Institute (ISVI).

Dalam penghargaan tersebut, Angkasa Pura I berhasil menyabet penghargaan "Special Appreciation to Company on Supporting TJSL Pillar of Environment in Reef Transplantation" dan "Committed Leader to TJSL Initiative on Transportation Facilities and Infrastructure" yang diberikan kepada Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum AP I M. Arifin Firdaus.

"PT Angkasa Pura I merasa bangga dan menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang kami peroleh dalam ajang TJSL & CSR Award 2022 Tahun Ke-2," kata Arifin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Arifin menyampaikan, penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas komitmen AP I dalam komitmennya terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Penghargaan ini secara khusus diterima atas program transplantasi terumbu karang yang dilaksanakan di kawasan pesisir Kepulauan Maluku.

Program ini terlaksana secara berkesinambungan, yang dimulai dari tahun 2017 hingga saat ini.

"Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem kelautan di Kepulauan Maluku, serta dapat bermanfaat terhadap sektor pariwisata dan perekonomian warga setempat," lanjut Arifin.

Sejak diinisiasi pada 2017, program ini telah terlaksana di empat kawasan pantai di Kepulauan Maluku, yaitu di Pantai Liang Kecamatan Salahutu dengan total 250 fragmen terumbu karang ditanam, di Pantai Ora Kecamatan Seram dengan total 540 fragmen ditanam, di Pantai Hutupokol Kecamatan Leihitu dengan 280 fragmen ditanam, dan di Pantai Wisata Lubang Buaya Kecamatan Leihitu dengan 800 fragmen ditanam.

Adapun total realisasi bantuan transplantasi terumbu karang dari 2017 hingga 2021 adalah sebanyak 1.870 fragmen ditanam, dengan nilai bantuan sebesar Rp328.915.000.

"Sejak dilaksanakan di 2017, kami melihat telah adanya indikator keberhasilan dari program transplantasi terumbu karang. Sebelumnya, hanya terdapat 22 spesies ikan yang hidup di kawasan pesisir pantai. Jumlah ini naik menjadi 38 spesies ikan setelah terlaksananya program ini," ujarnya.

Ia berharap program transplantasi terumbu karang dapat membantu meregenerasi dan memulihkan ekosistem terumbu karang yang rusak, sehingga dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan.

Selain itu, Ia juga berharap program ini dapat semakin meningkatkan potensi daya tarik pariwisata di Provinsi Maluku, sehingga juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian masyarakat.

Sementara itu, CEO BUMN Track SH Sutarto menyampaikan apresiasinya terhadap peran serta BUMN dan anak perusahaan BUMN dalam keikutsertaan di penghargaan ini.

"Hal ini membuktikan bahwa BUMN dan Anak Perusahaan BUMN tidak hanya bertahan di masa pandemi tetapi juga terus bertumbuh dari sisi kinerja maupun tanggung jawab sosial," katanya.

Baca juga: AP I tanam 5.000 pohon penahan abrasi Bandara Internasional Yogyakarta

Baca juga: Dua pekan aturan perjalanan baru, AP I layani 2,2 juta penumpang

Baca juga: AP I catat trafik penumpang semester I-2022 tumbuh 55,9 persen

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022