Sebanyak 31 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi di Kota Balikpapan, mendeteksi adanya 31 titik panas tersebar pada lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Sebanyak 31 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita," ujar prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Jumat.

Sebanyak 31 titik panas itu pun langsung ia informasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Dua hari sebelumnya pihaknya juga mendeteksi adanya 14 titik panas yang tersebar pada empat kabupaten dan langsung diinformasikan kepada pihak terkait, sehingga titik panas tersebut sudah hilang, sedangkan 31 titik panas yang terpantau hari ini berada di lokasi yang berbeda.

Baca juga: Delapan daerah di Kaltim diprakirakan alami hujan pada Sabtu

"Lima kabupaten yang terdeteksi 31 titik panas itu adalah di Kabupaten Kutai Barat terdapat 2 titik, Kutai Timur terpantau 20 titik, Kutai Kartanegara terdeteksi 7 titik, Kabupaten Berau dan Mahakam Ulu masing-masing ada 1 titik panas," katanya.

Rincian per kabupaten adalah untuk titik panas di Kabupaten Berau berada di Kecamatan Segah, untuk Mahakam Ulu berada di Kecamatan Laham.

Di Kabupaten Kutai Barat, dua titik panas yang terdeteksi itu berada di Kecamatan Damai dan Dilangputi, keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Baca juga: BMKG deteksi 14 titik panas di Kaltim

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara yang terdeteksi tujuh titik panas, tersebar pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Kenohan, Tabang, Muara Kaman, dan Loa Janan masing-masing satu titik, kemudian di Kecamatan Muara Muntai terdeteksi tiga titik panas.

Kemudian 20 titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Kutai Timur, tersebar pada enam kecamatan, yakni satu titik berada di Kecamatan Bengalon.

"Berikutnya di Kecamatan Kongbeng terdeteksi empat titik, Kecamatan Muara Wahau ada empat titik, Kecamatan Rantau Pulung tujuh titik, Kecamatan Telen dua titik, dan Kecamatan Teluk Pandan terdeteksi dua titik panas," kata Heni.

Baca juga: BMKG prakirakan empat kabupaten di Kaltim hujan lebat disertai petir

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022