Kami melihat perlambatan ekonomi, tetapi tidak jelas apakah itu perlambatan sebesar yang diprediksi oleh beberapa pandangan baru-baru ini
New York (ANTARA) - Harga minyak anjlok sekitar dua persen pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB) di tengah ekspektasi bahwa gangguan pasokan di Teluk Meksiko AS akan bersifat jangka pendek, sementara kekhawatiran resesi mengaburkan prospek permintaan.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Oktober merosot 1,45 dolar AS atau 1,5 persen, menjadi menetap di 98,15 dolar AS per barel. Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman September terpangkas 2,25 dolar AS atau 2,4 persen, menjadi ditutup di 92,09 dolar AS per barel.

Untuk minggu ini, harga Brent naik 3,4 persen minggu ini setelah jatuh 14 persen minggu lalu di tengah kekhawatiran bahwa kenaikan inflasi dan suku bunga akan memukul pertumbuhan ekonomi dan permintaan bahan bakar. Sementara itu WTI naik 3,5 persen.

Kedua kontrak naik lebih dari 2,0 persen pada Kamis (11/8/2022). "Kami mundur sedikit setelah kenaikan besar kemarin," kata Phil Flynn, seorang analis di grup Price Futures.

Baca juga: Harga minyak naik tipis, menuju kenaikan mingguan di tengah isu resesi

Para awak diperkirakan akan mengganti bagian pipa minyak yang rusak pada akhir Jumat (12/8/2022) kata seorang pejabat pelabuhan Louisiana, yang memungkinkan dimulainya kembali produksi di tujuh anjungan minyak lepas pantai Teluk Meksiko AS.

Pada Kamis (11/8/2022), produsen minyak utama Teluk Meksiko AS Shell mengatakan pihaknya menghentikan produksi di tiga anjungan laut dalam di wilayah tersebut. Ketiga anjungan tersebut dirancang untuk menghasilkan gabungan hingga 410.000 barel minyak per hari.

Pipa Amberjack, salah satu dari dua yang dihentikan karena kebocoran, telah dimulai kembali dengan kapasitas yang berkurang, kata juru bicara Shell Cindy Babski. Pipa Mars tetap offline tetapi diperkirakan akan kembali beroperasi pada Jumat (12/8/2022), katanya.

Pasar juga menyerap pandangan permintaan yang kontras dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Badan Energi Internasional (IEA).

Baca juga: Harga minyak menguat didorong permintaan bensin dan pelemahan dolar

"Kami melihat perlambatan ekonomi, tetapi tidak jelas apakah itu perlambatan sebesar yang diprediksi oleh beberapa pandangan baru-baru ini," kata Ole Hansen, Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank. "Permintaan akan pasang surut, tetapi pasokan masih menjadi perhatian utama."

Sanksi Eropa terhadap minyak Rusia akan diperketat akhir tahun ini sementara pelepasan energi terkoordinasi selama enam bulan yang disepakati oleh Amerika Serikat dan negara maju lainnya akan berjalan pada akhir tahun.

Pada Kamis (11/8/2022) OPEC memangkas perkiraan pertumbuhan permintaan minyak dunia pada 2022 sebesar 260.000 barel per hari (bph). Sekarang memperkirakan permintaan meningkat sebesar 3,1 juta barel per hari tahun ini.

Baca juga: Harga minyak turun, dipicu stok AS naik dan pasar fokus data inflasi

IEA, sementara itu, menaikkan perkiraan pertumbuhan permintaannya menjadi 2,1 juta barel per hari, dengan alasan peralihan gas-ke-minyak di pembangkit listrik.

IEA juga menaikkan prospek pasokan minyak Rusia sebesar 500.000 barel per hari untuk paruh kedua 2022 tetapi mengatakan OPEC akan berjuang untuk meningkatkan produksi.

Di Amerika Serikat, harga impor turun untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan pada Juli, dibantu oleh dolar yang kuat dan biaya bahan bakar dan non-bahan bakar yang lebih rendah, sementara prospek inflasi satu tahun konsumen surut pada Agustus, tanda-tanda terbaru bahwa tekanan harga mungkin telah mencapai puncaknya.

Rig minyak AS naik tiga menjadi 601 minggu ini, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes Co. Jumlah rig, indikator produksi di masa depan, tumbuh lambat dengan produksi minyak yang hanya terlihat pulih ke tingkat pra-pandemi tahun depan.

Baca juga: Harga emas naik, bertahan di atas 1.800 dolar ditopang pelemahan dolar
Baca juga: Rupiah akhir pekan menguat tajam, ditopang fundamental ekonomi solid


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022