Jakarta (ANTARA) - Pep Guardiola mengatakan ia terkesan dengan semangat Erling Haaland untuk meraih kesuksesan setelah striker baru Manchester City itu menandai kedatangannya di Liga Inggris dengan mencetak dua gol pada debutnya akhir pekan lalu.

City menjadi tempat berlabuh Haaland setelah pemain asal Norwegia itu membuat 86 gol dalam 89 pertandingan untuk Borussia Dortmund.

Akan tetapi, keraguan akan kemampuan Haaland masuk di pola kepelatihan Guardiola setelah City merebut trofi Liga Premier dalam dua tahun terakhir tanpa striker murni dengan cepat dipatahkan lewat penampilan cemerlangnya saat menang 2-0 melawan West Ham.

"Dia pemain yang luar biasa," kata Guardiola di jumpa pers pralaga jelang kunjungan Bournemouth ke Etihad pada Sabtu.

"Tak perlu memberitahu Anda, setiap orang tahu, tapi kami baru beberapa kali bersama. Dia adalah kompetitor yang luar biasa, dan dia ingin menang."

Haaland beberapa kali mengatakan dalam bulan-bulan pertamanya di City bahwa ia perlu meningkatkan permainannya dan Guardiola sangat ingin mengembangkan opsi kuartet penyerangnya.

Julian Alvarez telah tiba dari Argentina ke Etihad pada musim panas ini, sedangkan lulusan akademi Phil Foden dan Cole Palmer akan mendapat kesempatan bermain lebih banyak menyusul perginya Gabriel Jesus dan Raheem Sterling.

"Saya ingin membuat para pemain ini lebih baik. Erling bisa menjadi pemain yang lebih baik dan saya rasa dia memiliki kemauan untuk itu," kata Guardiola dikutip AFP.

"Saya tidak pernah melihat pemain yang pada usia 21, 22 tahun - mungkin (Lionel) Messi - sudah jadi.

"Anda selalu bisa lebih baik dan kami akan mencoba. Ketika dia (Haaland) pergi, kami ingin dia mengatakan dia adalah pemain yang lebih baik daripada ketika dia tiba."

Guardiola juga mengonfirmasi kedatangan Sergio Gomez, meskipun klub belum mengumumkan secara resmi kontraknya perekrutan sang pemain dari Anderlecht.

Dikabarkan 11 juta poundsterling telah disepakati kedua klub dengan pemain Spanyol berusia 21 tahun itu disiapkan untuk posisi bek tengah.

Guardiola juga membantah wacana Gomez dipinjamkan musim ini.

"Dia akan tetap bersama kami," kata dia.


Baca juga: Guardiola sanjung cara Haaland respon kritik dengan dwigol
Baca juga: Haaland borong dua gol, Manchester City kalahkan West Ham United
Baca juga: Erling Haaland tidak risau soal adaptasinya di Liga Inggris

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022