Sepak Bola Dunia

Benzema, Courtois dan De Bruyne kandidat pemain terbaik UEFA

Benzema, Courtois dan De Bruyne kandidat pemain terbaik UEFA

Pemain Real Madrid Karim Benzema merayakan gol ketiga pada laga semi final leg pertama Liga Champions melawan Manchester City di Etihad Stadium, Manchester, Inggris (26/4/2022). Manchester City berhasil mengalahkan Real Madrid dengan skor 4-3. ANTARA FOTO/ REUTERS/Craig Brough/aww.

Jakarta (ANTARA) - Dua pesepak bola Real Madrid Karim Benzema dan Thibaut Courtois serta Kevin De Bruyne dari Manchester City pada Jumat terpilih sebagai nominasi pemain terbaik UEFA.

Badan sepak bola Eropa itu mengatakan bahwa juri yang terdiri dari jurnalis dan perwakilan klub yang bermain di kompetisi Eropa telah mengumpulkan suara terbanyak untuk ketiga pemain tersebut.

Striker Polandia Robert Lewandowski berada di peringkat empat dengan suara terbanyak, melewatkan tiga besar yang bakal dinominasikan.

Penghargaan untuk gelar Player of The Year UEFA itu akan diumumkan pada 25 Agustus di sela-sela drawing grup Liga Champions di Istanbul, Turki, demikian laman resmi UEFA.

Benzema dinobatkan sebagai pemain terbaik Champions League 2021/2022 setelah membantu Real Madrid meraih rekor 14 titel Eropa, dan kali kelima bagi sang pemain sejak ia bergabung dari Lyon ke klub Spanyol itu pada 2009. Torehan 15 gol membuat striker Prancis itu sebagai top skor di kompetisi tersebut.

Saat Real mencetak gol kedua melawan Frankfurt pada Rabu di Piala Super Eropa, Benzema menjadi pencetak gol terbanyak kedua di sejarah klub itu dengan 324 gol, satu peringkat di bawah Cristiano Ronaldo.

Sementara itu, Courtois, yang memenangi La Liga dengan Madrid, merupakan pemain terbaik laga final Liga Champions setelah membuat sejumlah penyelamatan gemilang untuk menahan Liverpool di Paris, paling kentara dari Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Kevin De Bruyne untuk ketiga kalinya secara beruntun masuk ke peringkat tiga besar UEFA. Gelandang Belgia itu juga pemain terbaik Liga Inggris setelah membantu Manchester City meraih gelar domestik, atau yang keempat kalinya bagi sang pemain selama tujuh tahun membela klub tersebut.

Jorginho memenangi penghargaan pemain terbaik UEFA 2020/21 setelah menjadi pemain kesepuluh yang memenangi Piala Eropa dan Euro dalam tahun yang sama. Pemain tengah itu membantu Chelsea meraih kemenangan di Liga Champions lewat kemampuannya mendikte permainan dan Roberto Mancini membuatnya sebagai penggerak Italia merebut EURO 2020.

UEFA juga mengumumkan tiga nominasi pelatih terbaik tahun ini, mereka adalah Carlo Ancelotti (Real Madrid), Josep Guardiola (Man City) dan Juergen Klopp (Liverpool).


Baca juga: Karim Benzema cabut banding atas vonis kasus video seks
Baca juga: Messi tak masuk nominasi Ballon d'Or
Baca juga: Difavoritkan raih Ballon d'Or, Mane lebih fokus juarai Liga Champions

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar