...kami berharap kreativitas generasi muda akan semakin meningkat, dan nantinya jangan sampai ada kaum muda yang terjebak investasi bodong
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Kompas Gramedia (KG Media) menggelar kompetisi video kreatif bertajuk Creavid Competition dengan total hadiah Rp100 juta untuk mendukung semangat pelaku industri kreatif di Indonesia.

Pekerja seni sekaligus aktris yang menjadi salah satu juri Creavid Competition, Yuki Kato, dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu, mengatakan tujuan kreasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada publik mengenai investasi keuangan agar tidak mudah terpedaya oleh berbagai investasi bodong.

Yuki mengharapkan masyarakat, terutama kaum muda, dengan kreativitasnya yang tinggi, dapat ikut serta di dalam kompetisi ini, karena ajang ini tidak hanya merupakan kegiatan penyaluran ide, tapi juga untuk mendapatkan ilmu dan wawasan serta lebih mengetahui lagi fungsi dan peran LPS.

"Aku juga mengajak agar generasi milenial agar dapat ikutan kompetisi ini, sekaligus mengulik lebih lagi mengenai literasi keuangan, tahu lebih mengenai peran dan fungsi LPS, dan yang paling penting bisa memberikan sumbangsih nyata untuk meningkatkan literasi keuangan di masyarakat," katanya pada acara Konferensi Pers Creavid Competition.

Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto menambahkan kegiatan ini bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar literasi keuangan dengan kemasan yang ringan dan edukatif.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi LPS dalam mendukung semangat anak muda pelaku industri kreatif yang tertarik pada bidang pembuatan video.

"LPS mencoba meningkatkan literasi keuangan dengan melalui Creavid Competition ini. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini literasi keuangan akan semakin meningkat. Selain itu, kami berharap kreativitas generasi muda akan semakin meningkat, dan nantinya jangan sampai ada kaum muda yang terjebak investasi bodong," katanya.

Baca juga: Cegah kerugian, LPS siapkan program edukasi bagi investor pemula

Tema kegiatan kreasi ini adalah “Tingkatkan Literasi Keuangan Untuk Mendukung Perekonomian Indonesia Dalam Rangka Pemulihan Pasca Pandemi COVID-19”, dengan proses pendaftaran video mulai pada 8 sampai 28 Agustus 2022.

Juri yang akan menilai hasil karya peserta LPS Creavid Competition ialah Yuki Kato selaku perwakilan dari pekerja seni dan aktris, Dimas Yuliharto selaku Sekretaris LPS dan Alexander Wibisono selaku Deputy GM News and Current Affairs KompasTV.

Pengumuman pemenang Creavid Competition akan diumumkan pada 1 September 2022. Pengumuman akan dihelat secara langsung dalam acara Literasi Keuangan Terdepan “Like It” yang diselenggarakan Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FKPPPK).

FKPPPK merupakan bentuk kolaborasi beberapa regulator bidang keuangan yakni LPS, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Keuangan.

Tujuan pembentukan forum ini antara lain untuk mendorong literasi keuangan, meningkatkan basis investor ritel, dan mengembangkan sektor keuangan Indonesia.

Sebagai apresiasi kepada pemenang dari Creavid Competition LPS, pada akhir rangkaian kegiatan di 2 September 2022 akan ditutup oleh CreaVid Talks yang merupakan dialog seputar industri kreatif dengan suguhan hiburan yang menarik.

Kegiatan ini menghadirkan para dewan juri bersama pemenang, yang akan bercerita bagaimana keseruan proses dibalik layar Creavid Competition LPS. CreaVid Talks akan disiarkan secara live streaming di Youtube Kompas TV dan Youtube LPS.

Perjalanan Creavid Competition LPS akan segera dimulai, nantikan karya hebat anak muda kreatif Indonesia melalui kompetisi ini. Untuk informasi detail kegiatan dan syarat pendaftaran dapat langsung di lihat pada Microsite CreaVid Competition di laman url berikut: https://lpscreavid2022.kompas.tv/

Baca juga: LPS: Kemampuan literasi penting dalam keputusan keuangan individu
Baca juga: LPS: Minimalkan kejahatan siber dengan literasi dan pengawasan ketat


 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022