Batam (ANTARA) - Warga Negara Malaysia dan Singapura diperkirakan akan ikut memeriahkan perlombaan sampan layar yang akan digelar pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 di Kecamatan Belakang Padang Kota Batam.

“Nanti itu warga Singapura dan Malaysia yang mau nonton banyak, mereka sekalian tengok keluarga di Belakang Padang,” ujar Camat Belakang Padang Yudi Admajianto di Batam Kepulauan Riau, Sabtu.

Untuk peserta lomba sampan layar itu sendiri, kata Yudi, akan diikuti oleh puluhan tim dari pulau-pulau yang ada di daerah perbatasan.

“Yang mendaftar sudah ada 20 tim, ada dari Pulau Sugi, Pulau Pecung, Pulau Tanjung Pelanduk, Pulau Bulang sama Pulau-pulau di sekitar Kecamatan Belakang Padang,” ungkap Yudi.

Baca juga: Sejumlah permainan rakyat meriahkan HUT RI di Pulau Perbatasan

Baca juga: Pemkot Batam serahkan bantuan sarana penangkap ikan untuk nelayan


Dia memperkirakan peserta nantinya akan ada bertambah dari luar negeri seperti Brunei Darussalam.

“Beberapa hari yang lalu sudah ada dapat kabar bahwa dari Brunei ada yang mau ikut serta, tapi mungkin waktu tanggal 17 itu baru tau pastinya apakah ikut atau tidak,” ucap Yudi.

Yudi berharap, pada kegiatan untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini dapat berjalan lancar.

“Mudah-mudahan cuaca bagus dan mendukung,” kata dia.

Diberitakan, sejumlah permainan rakyat dan tarian tradisional akan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) di Pulau Perbatasan yang akan dimulai dari tanggal 12-18 Agustus 2022.

“Pada 17 Agustus di Belakang Padang tahun ini meriah, karena memang sudah dua tahun tidak dilaksanakan banyak permainan rakyat yang akan digelar dan tarian mulai dari tanggal 12-18 Agustus,” ujar Camat Belakang Padang Yudi Admajianto di Batam Kepulauan Riau.

Sejumlah permainan rakyat yang akan diselenggarakan yaitu seperti panjat pinang di tengah laut, lomba bakiak, tarik tambang, bulu tangkis, sepak takraw, domino dan lain-lain.

“Pada acara puncak atau tanggal 17 Agustus itu nanti ada lomba sampan layar dan lomba boat penambang antara Pulau Belakang Padang dengan Pulau Sambu,” kata dia.*

Baca juga: Wali Kota Batam: Antara jadi lentera edukasi masyarakat

Baca juga: TNI AU kibarkan bendera dengan paramotor di Batam

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022