Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Mulyo Hadi Purnomo menyampaikan "peforma" program-program anak di industri penyiaran Tanah Air semakin membaik dan menarik berdasarkan peningkatan pendapatan iklan dalam program tersebut.

"Kami melihat segmentasi program anak semakin menarik dan peforma-nya juga semakin baik dilihat dari pendapatan iklan," kata Mulyo dalam konferensi pers menjelang acara puncak "Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) 2022" di Gedung LPP RRI, Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut, Mulyo mengatakan peforma program-program anak juga terlihat membaik berdasarkan jumlah stasiun televisi yang memiliki program anak.

Dia menyampaikan, dari 18 stasiun televisi yang dipantau oleh KPI Pusat, 10 di antaranya memiliki program anak dan keluarga, bahkan mencapai 102 program yang ikut berkompetisi dalam APRA 2022.

"Berdasarkan pemantauan KPI Pusat, kami melihat ada peforma yang luar biasa yang ditunjukkan oleh stasiun televisi yang mencoba mengambil segmentasi anak. Dari 18 stasiun televisi yang dipantau oleh KPI Pusat, setidaknya ada 10 yang memiliki program anak dan keluarga," ucap dia.

Baca juga: KPI dorong produksi program anak bernilai cinta budaya dan negara

Dengan demikian, dia pun menyampaikan bahwa KPI, khususnya KPI Pusat merasa bangga karena selama ini minim-nya program anak di stasiun televisi menjadi hal yang kerap dikeluhkan oleh masyarakat.

Secara khusus terkait dengan program keluarga, menurut Mulyo, keberadaan program tersebut dalam stasiun televisi mampu menjadi sarana untuk memperlihatkan kepada masyarakat Indonesia mengenai cara terbaik mendidik anak.

Oleh karena itu, lanjut dia, KPI pun memasukkan program keluarga sebagai salah satu kategori penghargaan terbaru dalam "Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) 2022". Selain program keluarga di stasiun televisi, kategori terbaru dalam APRA 2022 ada pula yang berasal dari radio, yakni dongeng anak radio. Lalu secara umum, ada 54 program anak dari 54 radio yang ikut berkompetisi dalam kategori penghargaan program siaran anak radio dan dongeng anak radio di APRA 2022.

"Kami menyadari hubungan orang tua dan anak banyak berkurang dan dulu dongeng menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Maka, kami mencoba mengedukasi melalui radio. Semoga ini menjadi contoh yang baik," ujar Mulyo.

Sebelumnya, dia telah menyampaikan bahwa "Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2022" memperlombakan 13 kategori penghargaan. Di antaranya, kategori program Animasi Indonesia, Pendidikan Anak, Animasi Asing, Variety Show/Reality Show, Feature/Dokumenter, Keluarga Indonesia, Dongeng radio, dan Program Anak Radio.

Berikutnya, ada pula penghargaan khusus untuk lembaga penyiaran yang konsisten menyiarkan program anak, penghargaan Televisi Terbaik APRA 2022, Televisi Ramah Anak 2022, Radio Peduli Anak 2022, dan Televisi Peduli Pendidikan Anak Indonesia 2022.

Adapun para pemenang akan diumumkan dalam acara puncak pada Sabtu 13 Agustus 2022 ini di Auditorium LPP RRI Jakarta pukul 14.00 WIB.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022