Ottawa (ANTARA) - Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC) hingga Jumat (12/8) mengonfirmasi 1.059 kasus cacar monyet (monkeypox) di negara itu.

PHAC mengatakan bahwa dari seluruh kasus terkonfirmasi, 511 kasus di antaranya berasal dari Ontario, 426 dari Quebec, 98 dari British Columbia, 19 dari Alberta, tiga dari Saskatchewan, dan dua dari Yukon.

Pemerintah tetap cekatan dalam respons berkelanjutan berbasis bukti terhadap kasus cacar monyet di Kanada, kata PHAC.

Badan kesehatan itu menambahkan bahwa pihaknya sedang bekerja sama dengan para mitra kesehatan masyarakat di provinsi dan teritori untuk memastikan koordinasi respons strategis nasional.

PHAC telah mengirimkan lebih dari 80.000 dosis vaksin Imvamune ke sejumlah provinsi dan teritori dan mendukung tes terdesentralisasi dengan menyediakan bahan kontrol dan protokol kepada mitra-mitra laboratorium di seluruh negara itu.

Para ahli mengatakan cacar monyet merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak dekat dengan seseorang yang telah terinfeksi, termasuk melalui pelukan, ciuman, pijatan, atau hubungan seksual.

Sumber: Xinhua

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022