Jakarta (ANTARA) - PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk yang ketiga kalinya.

"Dengan adanya sinergi yang kuat antar kedua belah pihak, besar harapan bahwa ekosistem destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif dapat pulih dari dampak pandemi dan terus maju," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan pers pada Sabtu.

Mengangkat tema "Desa Wisata Ramah Berkendara", Festival Kreatif Lokal 2022 akan diadakan di lima Desa Wisata di wilayah Jawa dan Bali, mulai Agustus hingga November 2022.

Baca juga: Destinasi wisata domestik primadona generasi muda

Kelima desa tersebut adalah Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta, Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal yang fokus terhadap pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun ketiga Festival Kreatif Lokal diadakan yang ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mengatur tentang Kolaborasi Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan terlaksana hingga lima tahun ke depan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila mengatakan Festival Kreatif Lokal merupakan konsep yang berangkat dari keinginan besar kami untuk membantu ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya segmen UMKM.

Hal ini sejalan dengan visi Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan Adira Finance sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Sehingga untuk mensukseskan tujuan tersebut, maka kami memandang perlu untuk terus menjalin kerjasama strategis dengan pemerintah melalui Kemenparekraf RI," kata Dewa Made Susila.

Menjadi bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-32 Adira Finance yang jatuh pada 13 November mendatang, Festival Kreatif Lokal 2022 mendukung keberlanjutan pengembangan desa wisata yang merupakan bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara.

Rangkaian Kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi; Desa Wisata Kreatif, yaitu program pengembangan bagi UKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki nilai jual.

Kegiatan mencakup pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing dari kelima Desa Wisata.

Kemudian Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara yang adalah kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi yang bersifat digital.

Terakhir ada Festival Pasar Rakyat, sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah Desa Wisata menjadi ruang publik kreatif. Selain itu ada juga lokakarya yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan.

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.

Baca juga: Sandiaga: Desa Wisata Undisan di Bali bisa jadi inspirasi daerah lain

Baca juga: Pemkab Klungkung awali HUT RI dengan persembahyangan bersama

Baca juga: Biro perjalanan daring gaet pemerintah kembangkan wisata domestik

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022