Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menyatakan Indonesia semakin hebat pada usia 77 tahun, terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Semangat persatuan yang mengalir di dalam darah bangsa Indonesia, menyatukan pikiran dan sikap untuk bersama-sama berjuang mengatasi COVID-19. Hasilnya, Indonesia berhasil melalui masa-masa pahit akibat COVID-19," kata Gubernur Ansar di Tanjungpinang, Sabtu.

Ansar mengemukakan berbagai sektor kehidupan yang sempat terpuruk akibat COVID-19, kini mulai bangkit. Aktivitas masyarakat sudah kembali normal, dan berbagai sektor strategis berkembang pesat, termasuk di Kepri.

"Kegigihan pemerintah yang mendapat dukungan penuh masyarakat mendorong percepatan memulihkan sektor kesehatan, perekonomian, pendidikan, kemaritiman dan sosial. Gotong royong merupakan investasi sosial yang dimiliki bangsa kini dalam menyelesaikan satu persatu permasalahan," ucapnya.

Baca juga: Gubernur : Tingkat inflasi Kepri terendah se-Sumatera

Baca juga: Gubernur: Flying adventure jadi ajang perkenalkan pariwisata Kepri


Ansar mengemukakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk berlari mengejar ketertinggalan. Ia berkeyakinan berbagai kebijakan negara dapat menjadi motor percepatan pembangunan secara merata hingga ke desa-desa.

Upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga ke kawasan terpencil dan pesisir mulai membuahkan hasil seiring dengan berbagai kebijakan yang dilaksanakan pemerintah dalam mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang tinggal jauh dari pusat pemerintahan.

"Banyak program pemerintah pusat yang mendorong percepatan keberhasilan program pemerintah daerah. Sinergi yang terbangun antara pusat dan daerah merupakan implementasi dari nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Ansar juga menyampaikan sebait pantun kemerdekaan RI:

Sungguh manis buah semangka,
dijual orang ke Pulau Penyengat
77 tahun Indonesia merdeka,
pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat

Ia juga mempersembahkan dua bait puisi untuk masyarakat Indonesia, khususnya Kepri yang didokumentasikan Dinas Komunikasi dan Informasi Kepri. Puisi itu berjudul "Indonesia Berkobar"

Semangat persatuan terus dikobarkan
77 tahun Indonesia merdeka
Semoga menjadi momentum kebangkitan kita semua
Dirgahayu Indonesiaku

Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang
Selalu jaya bangsaku
Selalu hebat negeriku
Dirgahayu Indonesia ke 77 tahun.*

Baca juga: Gubernur Kepri dorong keterwakilan perempuan 30 persen di parlemen

Baca juga: Perjalanan antarpulau di Kepri wajib PCR jika belum divaksin penguat

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022