Menteri Jepang Nishimura kunjungi kuil Yasukuni

Menteri Jepang Nishimura kunjungi kuil Yasukuni

Arsip foto - Warga mengunjungi Kuil Yasukuni dalam peringatan 76 tahun berakhirnya Perang Dunia kedua di Tokyo, Jepang, Minggu (15/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/foc.

Tokyo (ANTARA) - Menteri Industri Jepang Yasutoshi Nishimura pada Sabtu menjadi anggota kabinet Perdana Menteri Fumio Kishida pertama yang mengunjungi kuil Yasukuni yang kontroversial di Tokyo, lapor Kantor Berita Kyodo.

"Saya memutuskan untuk melakukan yang terbaik bagi perdamaian dan pembangunan Jepang seraya memikirkan mendiang Perdana Menteri Shinzo Abe," kata Nishimura kepada awak media.

Nishimura adalah bagian dari faksi partai yang dipimpin Abe, yang ditembak mati saat melakukan kampanye Juli lalu. Kishida menunjuk Nishimura sebagai kepala Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri saat perombakan kabinet pada Rabu.

Yasukuni dianggap oleh China dan Korea Selatan sebagai simbol agresi militer Jepang di masa lalu dan didedikasikan bagi sekitar 2,5 juta orang yang gugur dalam perang.

Sebanyak 14 pemimpin Perang Dunia II asal Jepang didakwa sebagai penjahat perang oleh pengadilan Sekutu.

Korea Selatan menyatakan "kekecewaan mendalam dan menyesali" kunjungan Nishimura. Kuil Yasukuni memuliakan perang agresi Jepang di masa lalu dan mengenang para penjahat perang," tulis pernyataan kementerian luar negeri.

Sebelumnya pada Desember 2013 Abe juga berkunjung ke kuil Yasukuni setelah dilantik, namun menahan diri untuk tidak melakukan kunjungan lagi semasa sisa jabatannya demi menghindari kemarahan China dan Korea Selatan.

Sumber: Reuters
Baca juga: Korsel ungkap kekecewaan atas persembahan PM Jepang ke Kuil Yasukuni
Baca juga: Aktor China dilarang tampil setelah foto di kuil Yasukuni Jepang
Baca juga: Kuil Yasukuni, simbol perang Jepang yang kontroversial

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar