Jakarta (ANTARA) - Eduversal Indonesia kembali menyelenggarakan kompetisi matematika tingkat nasional atau Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2022.
 
"Tema EMC tahun ini adalah ' Healing with Math', atau secara harfiah, istilah healing berarti penyembuhan atau pemulihan, sebagaimana saat ini dunia sedang pulih dari pandemi," ujar perwakilan dari Eduversal Indonesia, Dwi Prajitno Wibowo, dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu.
 
Dia menambahkan healing merupakan aktivitas apapun yang mengusir rasa penat dan lelah, misalnya jalan-jalan, menonton film, bermain game, dan sebagainya.
 
"Healing pun bisa dengan matematika. Inilah yang hendak ditunjukkan oleh Eduversal, melalui berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan dalam EMC 2022," jelas dia lagi.
   
Dwi juga menambahkan penyelenggaraan EMC 2022 dilakukan secara hibrida atau bauran yang menggabungkan antara luring dan daring.
 
"Babak penyisihan akan diselenggarakan secara daring,oleh karenanya peserta dari seluruh wilayah Indonesia dengan mudah dapat berpartisipasi dari rumah atau sekolah tanpa terkendala jarak. Sedangkan babak final akan diadakan di berbagai pusat tes EMC yang telah ditunjuk," terang dia lagi.
 
EMC akan dibuka untuk kelas 4 SD/MI sampai kelas 12 SMA/MA. Pendaftaran EMC 2022 dibuka mulai tanggal 13 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 19 Oktober 2022. Pelaksanaan babak penyisihan akan diselenggarakan pada tanggal 29 Oktober 2022 sementara babak final akan dilangsungkan pada 12 November 2022. Seluruh proses pendaftaran dan pelaksanaan lomba EMC akan diselenggarakan dalam satu platform yaitu https://kompetisi.net/.
 
Influencer Matematika, Angga Yuda, mengatakan bahwa lomba EMC sangat penting karena bertujuan untuk mengukur kemampuan diri dan membiasakan diri dalam iklim kompetisi.
 
"Selain itu, keistimewaan lomba ini juga terletak pada kualitas soal-soal EMC yang jempolan, bukan hanya template yang bisa dicari di google. EMC juga bukan hanya mencari juara namun juga menyediakan laporan individu serta banyak sekali acara yang mendukung kemampuan matematika. Intinya, EMC ini memasyarakatkan Matematika” kata Angga.
 
Koordinator Program EMC 2022, Ade Kiki Ruswandi, mengatakan salah satu kelebihan EMC dibandingkan lomba-lomba sejenis adalah setiap peserta hanya bersaing dengan peserta lain pada tingkatan kelas yang sama.
 
EMC 2022 memperebutkan hadiah total Rp132 juta. Pada babak penyisihan, pada setiap tingkatan kelas peringkat 10 besar nasional kan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 300.000 dan beasiswa pendidikan senilai jutaan rupiah.
 
Pada babak final, untuk setiap tingkatan kelas akan diberikan hadiah utama sebagai berikut dua medali emas, masing-masing dengan hadiah uang tunai Rp 2.000.000 dan beasiswa pendidikan. Kemudian tiga medali perak, masing-masing dengan hadiah uang tunai Rp 1.000.000 dan beasiswa pendidikan.
 
Selanjutnya lima medali perunggu, masing-masing dengan hadiah uang tunai Rp 500.000 dan beasiswa pendidikan serta 10 honorable mention dan beasiswa pendidikan.
 
Peserta juga berkesempatan memenangkan hadiah uang tunai pada kuis mingguan yang akan diadakan setiap pekan selama masa pendaftaran dibuka.***3***

Baca juga: Eduversal kembali gelar kompetisi matematika daring tingkat nasional
Baca juga: Delapan peserta Indonesia raih absolute winner kompetisi matematika

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022