Jakarta (ANTARA) - Uni Eropa (EU) merayakan 45 tahun kemitraan dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dengan menggelar kompetisi bersepeda secara virtual.

"Jadi kami merayakan 45 tahun kemitraan yang sangat penting bagi stabilitas perekonomian kita," kata Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans dalam konferensi pers yang digelar secara daring usai upacara pembukaan Bike45Ride di Jakarta, Sabtu.

Igor mengatakan kompetisi Bike45Ride digelar untuk merayakan 45 tahun hubungan kemitraan antara EU dan ASEAN yang dinilai sangat penting bagi peningkatan ekonomi kedua kawasan.

Kompetisi itu, katanya, juga digelar untuk menjangkau partisipasi masyarakat lebih luas lagi, baik masyarakat di EU dan maupun ASEAN.

Selain untuk merayakan hubungan kemitraan, kompetisi Bike45Ride disebutkan ditujukan untuk merayakan dan menyoroti sejumlah inisiatif dan proyek kerja sama yang memajukan agenda ramah lingkungan di kedua kawasan.

"Kami telah bersama-sama membangun program yang sangat penting untuk melindungi biodiversitas di seluruh wilayah dan mengelola lahan gambut secara berkelanjutan, sebuah program yang sangat penting," katanya.

Upaya untuk mencapai energi terbarukan juga, kata dia, menjadi bagian dari kerja sama yang tengah berjalan antara Uni Eropa dan ASEAN.

Selama beberapa tahun, kedua kawasan telah bekerja bersama untuk mewujudkan kawasan ASEAN yang lebih hijau.

Untuk mengupayakan hal itu, sejumlah inisiatif telah diperkenalkan untuk mendorong partisipasi publik yang lebih luas dalam upaya mengatasi perubahan iklim dan mempromosikan transportasi yang lebih berkelanjutan, termasuk Team Europe Green Initiative dan juga proyek Smart Green ASEAN Cities (SGAC).

Bike45Ride dibuka untuk semua warga Uni Eropa dan ASEAN yang berusia di atas 17 tahun dan tinggal di Asia Tenggara.

Peserta diundang untuk mendaftarkan diri secara individual maupun sebagai tim --maksimal lima orang-- untuk menyelesaikan total jarak sejauh 45 kilometer dalam waktu satu bulan.

Seremoni pembukaan Bike45Ride dilakukan oleh sekitar 100 perwakilan Uni Eropa, negara-negara anggota Uni Eropa dan ASEAN dengan bersepeda secara simbolis dari Sekretariat ASEAN menuju kantor Delegasi Uni Eropa untuk ASEAN di Jakarta.


Baca juga: Indonesia dorong kemitraan ASEAN-EU lebih adil dan saling percaya

Baca juga: Dukung sistem kesehatan ASEAN, Uni Eropa umumkan bantuan Rp342 miliar


 

Saat perwakilan Uni Eropa dan ASEAN bersepeda bersama

Pewarta: Katriana
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022