Beijing (ANTARA) - Observatorium nasional China pada Sabtu (13/8) mengeluarkan peringatan merah untuk suhu tinggi, tingkat paling parah dalam sistem peringatan cuaca empat tingkatnya, ketika gelombang panas yang menyengat melanda lebih banyak daerah di negara tersebut.

Pada Sabtu siang, sebagian daerah di Shaanxi, Sichuan, Chongqing, Henan, Hubei, Shandong, Anhui, Jiangsu, Shanghai, Zhejiang, Fujian, Jiangxi, Hunan, Guizhou, Xinjiang, dan Mongolia Dalam diperkirakan mencatat suhu tinggi 35 hingga 39 derajat Celsius, menurut Pusat Meteorologi Nasional China.

Suhu di sejumlah daerah di Shaanxi, Sichuan, Chongqing, Hubei, Hunan, Jiangxi, Anhui, Jiangsu, Shanghai, dan Zhejiang berpotensi melampaui angka 40 atau bahkan 42 derajat Celsius.

Pusat meteorologi itu menganjurkan otoritas setempat agar mengambil langkah-langkah darurat guna mengatasi gelombang panas, menangguhkan pekerjaan di luar ruangan yang terpapar suhu tinggi, memperhatikan saksama langkah-langkah pencegahan kebakaran, serta memberi perhatian khusus pada kelompok rentan.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat berkode warna, dengan warna merah mewakili peringatan yang paling parah, disusul oleh oranye, kuning dan biru.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022