Jakarta (ANTARA) - Ajang tahunan olahraga lari dan bersepeda Run & Ride for Independence Day (RFID) 2022 digelar pada Minggu untuk menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 serta merayakan pulihnya kesehatan dan semangat olahraga di tengah semakin membaiknya situasi dari pandemi.

RFID 2022 diadakan di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dengan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang membuka start.

Memasuki tahun keempat, RFID kembali digelar secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiplin, menyusul perkembangan kondisi pandemi COVID-19 yang semakin membaik.

Baca juga: Kemenkes ajak masyarakat olahraga untuk hadapi pandemi

Ketua Panitia Penyelenggara RFID 2022 sekaligus Pendiri M3KOM Group Patricia Meilyn berharap RFID 2022 yang diselenggarakan bertepatan dengan bulan Kemerdekaan Indonesia dapat membangkitkan semangat gotong royong yang masih relevan sampai sekarang.

“Terutama semangat gotong royong untuk memulihkan kesehatan bangsa Indonesia dan melalui masa sulit pandemi COVID-19,” kata Meilyn menambahkan, dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Run & Ride for Independence Day merupakan acara tahunan yang dibuat M3Kom Group untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2019 dengan nomor lari, penyelenggara mengatakan RFID tidak pernah absen setiap tahun.

Penyelenggaraan RFID tahun ini dibagi menjadi dua nomor, yaitu lari dan bersepeda. RFID 2022 mengusung jarak tempuh dengan menyesuaikan usia Republik Indonesia yang memasuki 77 tahun, antara lain nomor lari dengan jarak 7,7K serta sepeda dengan jarak sejauh 77K.

Baca juga: Pentingnya aktivitas fisik selama pandemi

Tahun ini pihak penyelenggara membatasi target peserta sebanyak 1.000 orang demi menjaga kenyamanan peserta di area GBK.

Partisipasi dalam kegiatan ini sama seperti peserta RFID pada tahun sebelumnya yang mencakup peserta baru, pecinta olahraga, komunitas pelari, dan komunitas pesepeda.

Untuk nomor lari, peserta dibagi menjadi dua kategori yaitu “Public” dengan peserta berusia 45 tahun atau kurang dan “Master” dengan peserta berusia lebih dari 45 tahun.

Khusus nomor lari, panitia penyelenggara menyediakan total hadiah sebesar Rp18,5 juta untuk tiga pemenang laki-laki dan perempuan di masing-masing kategori “Public” dan “Master”.

Tak hanya ajang olahraga, RFID 2022 juga diramaikan dengan perayaan khas Kemerdekaan RI seperti lomba 17-an, senam 17-an, serta hiburan menarik lainnya.

Baca juga: Warga DKI diajak kelola emosi saat pandemi dengan olahraga

Baca juga: Menpora yakin kegiatan olahraga berangsur pulih pada 2022

Baca juga: Perubahan perilaku saat pandemi tantangan terapkan gaya hidup sehat

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022