Bekasi (ANTARA) - Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto membagikan bendera Merah Putih kepada warga saat menghadiri kegiatan hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) sebagai bagian dari Gerakan Nasional Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan perwujudan semangat gotong royong di seluruh Indonesia dalam upaya mengibarkan Bendera Merah Putih oleh seluruh warga sekaligus mengenang masa perjuangan demi Sang Merah Putih.

Baca juga: Mendagri: Gerakan Pembagian Merah Putih spirit perkuat persatuan

"Bendera ini yang telah ke tangan warga agar dipasang jangan hanya disimpan di lemari. Tunjukkan bahwa kita bangga memiliki Indonesia, bahkan Lagu Indonesia Raya adalah lagu terbaik. Kita memiliki tugas mensejahterakan rakyat sebagai pemerintah dengan dasar bunyi UUD 1945," kata Tri Adhianto di Bekasi, Minggu.

Dia mengatakan program Gerakan Nasional Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di Kota Bekasi dilaksanakan dengan skema distribusi oleh seluruh kecamatan di wilayah itu.

"Ini menjadi momentum bersama bahwa perayaan HUT Kemerdekaan RI akan menjadi kebanggaan kita bersama, bangga memiliki Indonesia," ucap dia.

Pembagian bendera bertepatan dengan kegiatan hari bebas kendaraan di Kota Bekasi disambut antusiasme tinggi dari warga yang langsung menyerbu rombongan pimpinan daerah yang membagikan bendera sambil berjalan sepanjang lokasi kegiatan.

Gerakan Nasional Pembagian Bendera Merah Putih ini digelar di seluruh kota dan kabupaten se-Indonesia dalam rangka menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia. Sejumlah daerah telah melaksanakan kegiatan ini.

Sementara Ketua DPRD Kota Bekasi Saipuddaulah yang turut hadir di lokasi mengatakan gerakan pembagian ini merupakan simbol penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan.

"Yang luar biasa ialah mempertahankan dan menjadi spirit kebanggaan kita semua, mari kita gelorakan dengan semangat kebhinekaan yang kita jaga apapun kondisinya kita harus jaga" kata dia.

Selain Wali Kota dan Ketua DPRD, kegiatan pembagian bendera ini turut dihadiri jajaran Forkopimda Kota Bekasi, Kepala Kesbangpol Kota Bekasi, serta camat, lurah, dan perwakilan pengurus RT/RW selaku penerima bendera secara simbolis untuk dibagikan kepada warga.

Baca juga: Kirab bendera sepanjang 2.500 meter di Bungo pecahkan rekor MURI
Baca juga: Gubernur Kepri bagikan 2.000 bendera merah putih di Kabupaten Karimun
Baca juga: Komunitas Tionghoa Padang gelar Festival Merah Putih gerakkan ekonomi

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022