Depositary receipts mulai dikonversi ke ekuitas hari ini, yang dapat menciptakan kelebihan pasokan dan mempersulit pasar saham untuk naik
Moskow (ANTARA) - Rubel merosot melewati 61 terhadap dolar pada Senin, karena konversi depository receipts di perusahaan-perusahaan Rusia ke saham lokal sedang berlangsung dan investor asing dari negara-negara "bersahabat" yang ditunjuk dapat kembali ke pasar obligasi.

Pada pukul 07.57 GMT, rubel melemah 1,0 persen terhadap dolar pada 61,25, tetap dalam kisaran sempit antara 59,45 dan 61,45 untuk sesi perdagangan kesepuluh berturut-turut.

Rubel juga turun 0,4 persen menjadi 62,57 terhadap euro.

Volatilitas rubel telah menurun baru-baru ini setelah ayunan liar yang melihatnya mencapai rekor terendah 121,53 terhadap dolar di Bursa Moskow pada Maret, beberapa hari setelah Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari, dan kemudian reli ke tertinggi tujuh tahun 50,01 pada Juni.

Rubel diperkirakan mendapat dukungan dari pembayaran pajak akhir bulan yang biasanya mendorong perusahaan-perusahaan yang berfokus pada ekspor untuk mengkonversi sebagian dari pendapatan mata uang asing mereka.

Baca juga: Rubel Rusia menguat menuju 60 terhadap dolar, namun saham beragam

Di pasar saham, indeks RTS berdenominasi dolar melemah 0,8 persen menjadi 1.107,1 poin, sedangkan Indeks MOEX Rusia berbasis rubel naik 0,1 persen menjadi 2.149,9 poin.

Pergerakan pasar relatif diredam meskipun analis memperkirakan peningkatan tekanan jual karena Rusia memulai konversi Global Depository Receipts (GDR) menjadi saham.

GDR perusahaan-perusahaan Rusia yang diperdagangkan di bursa asing dan disimpan di penyimpanan Rusia akan dikonversi menjadi saham di Bursa Moskow mulai 15 Agustus dalam upaya untuk mengurangi kontrol asing atas perusahaan-perusahaan tersebut di tengah sanksi Barat.

"Depositary receipts mulai dikonversi ke ekuitas hari ini, yang dapat menciptakan kelebihan pasokan dan mempersulit pasar saham untuk naik," kata analis Promsvyazbank, memperkirakan penurunan Indeks MOEX di bawah 2.100 poin.

Mulai Senin, Bursa Moskow juga akan mengizinkan non-penduduk dari negara-negara "bersahabat" yang ditunjuk yang belum memberlakukan sanksi terhadap Rusia untuk memperdagangkan obligasi.

Imbal hasil obligasi pemerintah Rusiay OFZ 10-tahun yang dijadikan acuan stabil di dekat penutupan Jumat (12/8/2022) di 9,18 persen.

Baca juga: Rupiah awal pekan ditutup melemah, tertekan melambatnya ekonomi China

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022