Pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan ini sangat strategis mencegah dampak banjir yang lebih luas seperti yang pernah terjadi di Kota Manado sebelumnya
Manado (ANTARA) - Deputi Manajer Proyek Bendungan Kuwil-Kawangkoan, PT Wijaya Karya (WIKA), Bismayoedi mengatakan pembangunan bendungan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) tersebut dapat mereduksi debit banjir di kisaran 40-50 persen.

"Tujuan utama dibangunnya Bendungan Kuwil-Kawangkoan ini adalah untuk pengendalian banjir dan mereduksi debit banjir," katanya di Manado, Senin.

Karena itu, kata dia, pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan ini sangat strategis mencegah dampak banjir yang lebih luas seperti yang pernah terjadi di Kota Manado sebelumnya.

Dari sisi konstruksi dan keamanan, kata dia, dijalankan sesuai dengan persyaratan desainnya dan kualitas pekerjaan dijaga sesuai dengan apa disyaratkan dalam spesifikasi teknisnya.

"Pastinya terencana serta memperkirakan kondisi-kondisi yang memang harus menjadi dasar perhitungan seperti kondisi debit air, cuaca semuanya juga dihitung. Jadi apa yang kami kerjakan dijalankan sesuai rencana,"  katanya.

Tidak hanya itu, kata dia, Komisi Keamanan Bendungan (KKB) juga intensif melakukan monitoring pengerjaan bendungan melalui laporan yang dikirim periodik

"Data-data yang dikumpul kemudian dianalisa sudah sejauh mana kesesuaian yang dilaksanakan dengan perencanaan atau desain. Kalau ada yang berbeda pasti sudah dikoreksi," katanya.

Pihaknya berharap dukungan masyarakat akan berdampak positif bagi percepatan pembangunan bendungan yang ditargetkan selesai dan diresmikan akhir tahun 2022  ini.

Hingga saat ini, konstruksi bendungan sudah mencapai sekitar 90 persen dengan pekerjaan yang masih berjalan yaitu tubuh bendungan serta fasilitas pendukung lainnya.

Hingga selesai konstruksi, bendungan yang dapat dijadikan salah satu destinasi wisata ini diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp1,9 triliun, demikian Bismayoedi.

Baca juga: Pemerintah percepat penyelesaian pembangunan Bendungan Kuwil

Baca juga: Presiden targetkan bendungan "raksasa" Kuwil rampung 2019

Baca juga: Bendungan Kuwil Kawangkoan Sulut ditargetkan selesai akhir 2020

Baca juga: Bendungan Kuwil Kawangkoan-Sulut ditargetkan selesai akhir 2021


 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022