Jakarta (ANTARA) - Sutradara Kimo Stamboel akan menghadirkan film horor yang diangkat dari permainan mistis legendaris berjudul "Jailangkung: Sandekala".

Kimo mengatakan permainan dan kisah jailangkung sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Untuk menghadirkan suasana baru, sutradara "Ivanna" ini memadukannya dengan Sandekala atau mitos tentang makhlus halus yang keluar saat pergantian sore dan malam.

"Karena hampir setiap orang Indonesia pernah dengar kalau setiap mau maghrib jangan keluar, harus masuk ke dalam. Ini sesuatu yang kita eksplor dan bisa kita gabungkan dengan jailangkung," ujar Kimo saat peluncuran poster dan trailer "Jailangkung: Sandekala" di Jakarta, Senin.

​​Baca juga: Kimo Stamboel nilai film horor Indonesia bisa bersaing internasional

"Jailangkung: Sandekala" merupakan sebuah reboot dari film "Jailangkung 1 & 2", namun digarap dengan pendekatan cerita yang berbeda dari sebelumnya.

Kali ini Kimo akan menceritakan sebuah keluarga yang memiliki nasib buruk dan bagaimana mereka memecahkan masalahnya.

"Gue suka sekali tema tragic story yang dapat menimpa sebuah keluarga dan semangat mereka bertarung dalam memecahkan masalah," kata Kimo.

Produser "Jailangkung: Sandekala" Wicky V. Olindo mengatakan jailangkung adalah sebuah intellectual property (IP) atau kekayaan intelektual yang kuat.

Menurutnya, sangat menarik untuk menceritakan kembali kisah jailangkung dengan yang tema berbeda dari film-film sebelumnya.

"Sangat menarik sekali untuk menggarap film ini. Untuk reboot ini kami memutuskan untuk mempercayakan kepada Kimo Stamboel untuk penyutradaraan dan cerita," ujar Wicky.

Dalam trailer berdurasi dua menit, diperlihatkan keluarga Adrian bersama istri dan kedua anaknya berhenti di sebuah hutan. Ketika menjauh dari orang tuanya, Kinan menghilang di sekitar danau.

Keluarganya pun terjebak di sebuah perkampungan yang dipenuhi orang-orang mencurigakan hingga akhirnya Niki menemukan boneka jailangkung.

Film ini dibintangi oleh Dwi Sasono, Titi Kamal, Syifa Hadju, Muzakki Ramdhan dan Giulio Parengkuan. "Jailangkung: Sandekala" akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 22 September 2022.

Baca juga: "Jailangkung: Sandekala" rilis cuplikan perdana dengan teror mencekam

Baca juga: Daya tarik "Jailangkung" di mata sutradara Kimo Stamboel

Baca juga: Kimo Stamboel sutradarai film horor "Jailangkung 3"

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022