Jakarta (ANTARA) - Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti optimistis hubungan India dan Indonesia akan semakin kuat pada masa mendatang.

"Ya, ada banyak sekali tanda bahwa hubungan bilateral India dan Indonesia akan semakin kuat dalam beberapa hari, pekan dan tahun mendatang," kata Dubes Bharti pada perayaan Hari Kemerdekaan ke-75 India di Kedutaan Besar India di Jakarta, Senin.

Bharti mengatakan penguatan hubungan bilateral kedua negara dapat ditandai dari kesamaan latar belakang sosial ekonomi Indonesia dan India.

Ia menyebutkan bahwa nilai perdagangan kedua negara saat ini adalah sebesar sekitar 26 miliar dolar AS (sekitar Rp383,7 triliun). Indonesia memperoleh surplus sebesar hampir enam miliar dolar AS (sekitar Rp88,4 triliun) atas perdagangannya dengan India.

"Ini merupakan angka yang cukup signifikan," katanya.

Ia berharap hubungan perdagangan Indonesia dan India akan semakin kuat dengan keduanya menargetkan total nilai perdagangan hingga 50 miliar dolar AS (sekitar Rp736,9 triliun) pada 2025.

Kedua negara juga, kata dia, memiliki keragaman suku dan budaya.

"Kami menyadari bahwa keduanya merupakan negara berkembang yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang sama," katanya.

Indonesia memegang Presidensi G20 tahun ini, sedangkan India akan menjadi Presiden G20 tahun berikutnya.


Baca juga: India gelar pesta besar rayakan hari kemerdekaan

Baca juga: India tawarkan kerja sama tingkatkan SDM bidang teknologi ke Indonesia


 

Warga banjiri pasar di Mumbai jelang festival Raksha Bandhan

Pewarta: Katriana
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022